Thursday, 19 September 2019

Buka Puasa Nikmat Tanpa Sakit Perut, Ada Tipsnya Loh

Jumat, 25 Mei 2018 — 13:29 WIB
Buka puasa muslim di New Jersey, AS. (reuters)

Buka puasa muslim di New Jersey, AS. (reuters)

SAAT menjalani ibadah puasa,  saluran pencernaan kita kosong selama 12-14 jam. Agar perut tidak kaget saat diisi ketika waktu berbuka puasa tiba, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips yang dirangkum dalam berbagai sumber mengenai makanan tepat untuk buka puasa :

* Minum manis

Setelah berpuasa, cairan tubuh dan kadar gula darah akan menurun. Makanya, awali dengan minuman manis  serta makanan yang manis dan mudah dicerna alias mengandung karbohidrat sederhana. Misalnya, buah-buahan atau penganan manis rendah lemak (seperti kue-kue yang terbuat dari tepung beras). Dengan begitu, cairan tubuh dan kadar gula darah akan normal lagi.

* Makan perlahan

Agar kadar gula darah tidak meningkat secara tiba-tiba, jangan mengonsumsi makanan pembuka sekaligus dalam jumlah banyak. Dianjurkan kalori makanan pembuka sekitar 10% – 15% dari kebutuhan kalori sehari. Biasakan makan dalm porsi kecil, lalu diulangi beberapa saat kemudian

* Batasi makanan yang menimbulkan gas.

* Hindari minum kopi berlebihan, karena kopi dapat merangsang asam lambung meningkat secara mendadak.

* Sumber protein tinggi seperti ayam (tanpa kulit), ikan, telur atau kacang-kacangan dapat dipilih sebagai menu berbuka puasa. Untuk menjaga makanan Anda tetap sehat, batasi penggunaan minyak dan beralih ke rebus-rebusan, bakar atau panggang. Saat memilih minyak, pilihlah minyak yang tinggi akan lemak tak jenuh. (*/embun)