Sunday, 18 November 2018

Wujudkan Citarum Bersih, Polres Purwakarta Susuri Daerah Aliran Sungai

Jumat, 25 Mei 2018 — 8:59 WIB
Petugas Polres Purwakarta saat menyusuri DAS Citarum.(dadan)

Petugas Polres Purwakarta saat menyusuri DAS Citarum.(dadan)

PURWAKARTA – Kepolisian Resort Purwakarta mulai melakukan pemetaan dan survei ke Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum diwilayahnya, Kamis (25/05/2018).

Ini ditandai dengan diturunkan sejumlah personil Satuan Polisi Air Polres Purwakarta menyusuri DAS Citarum Kec Babakan Cikao, Purwakarta, menggunakan perahu karet.

Inspeksi DAS Citarum dilakukan Kapolres Purwakarta AKBP Twedi AB melalui Kasat Polair AKP Febrianto.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka terciptanya aliran sungai Citarum yang bersih sesuai dengan ketentuan Perpres Nomer 15 Tahun 2018.

“Hari ini kita mapping ke daerah perairan Citarum, khususnya ke daerah yang tercemar sampah yang dibuang oleh masyarakat,” ujar Kasat Polair Polres Purwakarta, AKP Febrianto.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut, dilakukan pengecekan kondisi DAS Citarum hingga ke hulu wilayah Danau Jatiluhur yang berlokasi di Desa  Sukamukti Kecamatan Maniis, Purwakarta.

“Kita menemukan beberapa titik di sepanjang  DAS Citarum yang diduga rawan erosi dan abrasi,” ungkap dia.

Terkait hal itu pula, lanjut Febrianto,pihak Polres Purwakarta akan bekerjasama dengan  Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Kodim 0619 Purwakarta dan PJT II Purwakarta dalam mewujudkan Citarum Bersih.

“Yang pasti akan ada upaya lebih lanjut dari pihak Polres Purwakarta untuk mewujudkan DAS Citarum Bersih,” pungkasnya. (dadan/tri)