Saturday, 20 October 2018

Tarawih Akbar, Mesjid Istiqlal Antisipasi Membludaknya Jamaah

Sabtu, 26 Mei 2018 — 15:50 WIB
dokumentasi/rihadin

dokumentasi/rihadin

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan salat tarawih akbar di Mesjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018). Tarawih akbar yang tadinya direncanakan di Lapangan Monumen Nasional (Monas) itu akan diikuti Gubernur DKI Jakarta dan pejabat tinggi Pemprov DKI Jakarta serta ulama umaro se-Jakarta.

Kepala Protokol Mesjid Istiqlal, Abu Hurairah, mengatakan pengelola masjid tidak melakukan persiapan khusus dalam pelasanaan tarawih akbar itu. Baginya pelasanaan tarawih akbar seperti tarawih yang biasa dilakukan di masjid terbesar se Asia Tenggara itu.

“Persiapannya enggak ada persiapan khusus, seperti biasa saja kan namanya taraweh, taraweh akbar,” katanya kepada wartawan saat dihubungi, Sabtu (26/5/2018).

Abu Hurairah menjelaskan antisipasi yang dilakukan pengelola adalah terkait takjil yang dipersiapkan mengingat dipresiksi jemaah yang datang akan lebih banyak. Dibantu Pemprov DKI Jakarta, pegelola menambah takji untuk berbuka puasa sebanyak 20 ribu bungkus.

“Persiapannya kami hanya antisipasi masalah kalau ada peserta taraweh yang datang sebelum datang dipersiapkan takjil, buka itu saja. Kami dibantu Pemprov DKI sekitar 20 ribu snak berat,” imbuhnya.

Diketahui sebelum melaksanakan tarawih akbar di Mesjid Istiqlal, Anies bersama pejabat Pemprov DKI Jakarta serta ulama akan lebih dahulu buka puasa bersama di Balaikota Jakarta. (ikbal/yp)