Wednesday, 26 September 2018

Usai Buka Bersama, Belasan Warga Lebak Keracunan

Sabtu, 26 Mei 2018 — 5:50 WIB
Warga keracunan dibawa ke rumah sakit

Warga keracunan dibawa ke rumah sakit

LEBAK – Sebanyak 16 warga Kampung Bayah Satu, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, dilarikan ke Puskesmas Bayah karena keracunan setelah menyantap nasi bungkus pada acara buka puasa bersama, Jumat (25/5/2018) malam. Dari 16 warga, 10 diantaranya harus menjalani rawat inap. Kasus karacunan makanan ini ditangangi Satuan Reskrim Polres Lebak.

Imat Rahmat, mengatakan saat kejadian dirinya bersama belasan warga lainnya diundang buka puasa bersama sekaligus selamatan. Rahmat mengaku menyantap makanan yang disediakan panitia. Namun, setelah selesai makan, ia merasa mual-mual dan muntah-muntah.

“Makanan itu dibeli pihak panitia di salah satu rumah makan, tadi makan pas diacara selamatannya di perusahaan Pasir Kuarsa,” kata Rahmat di puskesmas.

Keterangan yang sama juga diungkapkan Novi yang menjalani rawat inap. Dia menuturkan jika dirinya muntah-muntah setelah menyantap makan nasi bungkus. “Merasa mual mual setelah makanan yang diberi suami di tempat yang sama itu,” jelasnya.

Kapolsek Bayah AKP Sadimun membenarkan adanya kejadian tersebut. Saat ini kata Kapolsek, pihaknya sudah mengamankan barang bukti sisa makanan. Sadimun mengungkapkan proses penyelidikan dugaan keracunan ditangani Satuan Reskrim Polres Lebak.

“Kita sudah amankan barang bukti, dan sudah kita limpahkan ke Polres Lebak untuk ditindaklanjuti,” katanya.

Kapolsek menjelaskan, kejadian bermula ketika Isro membeli nasi bungkus di rumah makan Padang di Kampung Bayah 16 bungkus, dengan maksud untuk acara buka puasa bersama.

“Usai menyantap, masyarakat yang memakan nasi padang tersebut berjumlah 16 orang mengalami sakit perut, pusing, muntah dan mata berkunang-kunang. Akibat kejadian 10 orang rawat inap di Puskesmas Bayah dan 6 orang rawat jalan,” jelasnya. (haryono)