Friday, 16 November 2018

Ruas Tol Pejagan-Pemalang Dibuka, Pemudik Ngacir Gratis

Minggu, 27 Mei 2018 — 12:12 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

JAKARTA -Ruas tol seksi 3 dan 4 Pejagan-Pemalang sepanjang 37,3 km dari Brebes Timur hingga Pemalang siap digunakan pada Lebaran 2018. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjelaskan, meskipun sudah bisa digunakan tapi masih fungsional tanpa tarif.

Penggunaan ruas tol Brebes Timur-Pemalang, pemudik yang akan ke arah Semarang tidak harus keluar di Pintu Tol Brebes Timur tetapi bisa lanjut ke ruas tol Pemalang-Batang hingga Semarang. Untuk ruak tol yang dibuka secara fungsional ini panjangnya mencapai 114,2 km.

“Ruas tol dari Brebes ke Pemalang, Insyaallah sudah bisa kita tembus dengan kondisi mantap,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Minggu (27/5).

Kementerian PUPR masih akan melakukan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait jadwal pembukaan jalur tol tersebut. “Kementerian PUPR bertugas memastikan sarana prasarananya untuk dapat digunakan paling lambat pada H-10 Lebaran sudah siap, sekitar 9 Juni 2018 saat dimulainya liburan,” ujarnya.

Sementara itu, untuk transaksi pembayaran tol bagi pemudik dari Tol Cikampek melewati ruas Brebes Timur dan melanjutkan ke Semarang, telah dibangun bebrapa gardu tol sementara di daerah Sewaka, KM 294 Tol Pejagan-Pemalang.

Selain itu di sekitar kilometer 275 ruas Brebes Timur-Pemalang juga dibangun salah satu tempat istirahat (rest area) tipe B. Rest area ini sudah dilengkapi fasilitas parkir mobil berkapasitas 75-100 kendaran, kantin, UKM, fasilitas kesehatan, BBM, toilet, bengkel, dan tambal ban.(us)