Wednesday, 18 September 2019

Di Sukabumi Ada Razia Warung yang Buka Saat Puasa

Senin, 28 Mei 2018 — 19:17 WIB
Petugas Tim Patroli Simpatik saat menyisir rumah makan yang buka siang hari selama Ramadan di Kota Sukabumi.

Petugas Tim Patroli Simpatik saat menyisir rumah makan yang buka siang hari selama Ramadan di Kota Sukabumi.

SUKABUMI – Sejumlah rumah makan di Kota Sukabumi, Jawa Barat di-sweeping Tim Patroli Simpatik, Senin (28/5/2018). Penyisiran tim gabungan polisi, TNI, Satpol PP, dan TNI ini untuk memantau agar tempat makan tidak buka selama Ramadhan.

Pengamatan di lapangan, sweeping dilakukan di Jalan Suryakencana hingga Jalan Bhayangkar, Kota Sukabumi. Dua rumah makan kepergok melayani orang tak berpuasa. Pemilik atau pengelola rumah makan itu mendapatkan imbauan dan teguran dari petugas gabungan agar melaksanakan buka usahanya sesuai dengan aturan yang ada.

“Saya sedang sakit, makanya makan di sini,” cetus seorang yang kedapatan tengah makan di siang hari.

Pemilik warung makan yang ditemukan masih buka, Fatimah (54) membantah sengaja membuka usahanya sejak siang hari. Namun, dia memang menyiapkan sejak pagi makanan untuk dijual sore hari.

“Makanan ini sejak pagi hari sudah dimasak dan disiapkan. Buka tetap sore, tapi memang kalau ada pembeli selalu diberitahu kalau belum buka. Tapi itu alasannya cuman sebentar,” kilahnya.
Wakil Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi, Sukandi menuturkan, penyisiran dilakukan Tim Patroli Simpatik untuk memantau dan memberikan ultimatum kepada masyarakat yang kedapatan makan di siang hari.

“Sejauh ini kalau ada pemilik rumah makan yang buka dikasih peringatan dan diminta menutup warungnya. Kami mengimbau masyarakat menghargai bulan suci Ramadan. Rumah makan dan restoran agar tidak membuka tempat usahanya sebelum pukul 16.00 WIB,” tegasnya. (sule/b)