Saturday, 23 June 2018

Panggil Rekan dengan Sebutan Ganteng, Wanita Pembaca Berita Kena Masalah

Rabu, 30 Mei 2018 — 16:24 WIB
Basima al-Shammar

KUWAIT – Wanita pembaca berita di Kuwait kena tegur Menteri Penerangan akibat aksinya saat melakukan siaran langsung. Ia dianggap bersalah karena memanggil lelaki rekan kerjanya dengan sebutan si ganteng.

Odditycentral melaporkan Basima al-Shammar, pembawa berita untuk Kuwait TV itu, tengah meliput pemilihan kotamadya Kuwait akhir pekan lalu. Saat itu, ia bercanda dengan lelaki koleganya dalam siaran langsung.

Dalam video yang kemudian menjadi viral itu, rekannya, yang tak tahu siaran langsung sudah mulai, sibuk memerbaiki penutup kepalanya. Kemudian terdengar suara Al Shammar yang mengatakan temannya itu tak perlu memperbaiki lagi penampilannya karena dia sudah ganteng.

Di Barat, hal itu menjadi pujian manis. Tapi di Kuwait, jangan pernah melakukannya karena dianggai sebagai tindakan menggoda seorang perempuan ke lelaki.

“Nawaf, Anda tidak perlu menyesuaikan ghutra Anda, sudah ganteng kok,” begitu kira-kira kata Basima al-Shammar.

Ucapan ini sepertinya tak bersalah, tetapi maraknya berita ini di media sosial membuat banyak politisi Kuwait kecewa. Beberapa di antaranya menghubungi Menteri Penerangan untuk nemberi sanksi pada presenter itu.

“Hal itu bukan lelucon,” kata Basima al-Shammar kepada Al-Arabiya. “Semua sudah tahu kebiasaan komunikasi di Teluk. Bahwa bila ada yang memperbaiki penampilannya tentu akan bilang ke dia: itu bagus lho. Itu yang saya katakan padanya bahwa dia kelihatan ganteng yang berarti juga pakaiannya dan dia dalam kondisi bagus untuk melaporkan berita.”

Meski Basima al-Shammar, telah menjelaskan panjang lebar, namun Menteri Penerangan tetap menggentikan acaranya. Bahkan penyelidikan dilakukan untuk memastikan apakah perempuan itu berniat menggoda atau tidak. (yp)