Tuesday, 17 September 2019

Lupakan Kekalahan di Banjarmasin, Persija Fokus Hadapi Persebaya

Kamis, 31 Mei 2018 — 16:14 WIB
Pelatih Bali United,  Stefano 'Teco' Cugurra.

Pelatih Bali United, Stefano 'Teco' Cugurra.

JAKARTA – Pelatih Persija Jakarta, Stefano ‘Teco’ Cugurra mendesak anak-anak asuhnya untuk melupakan kekalahan dari Barito Putera demi fokus menghadapi Persebaya Surabaya pada laga lanjutan Liga 1 Indonesia, Minggu (3/6) mendatang.

Usaha untuk menghindar dari zona degradasi menjadi alasan utama bagi tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut untuk tidak meremehkan Persebaya.

Hingga akhir pekan mendatang, posisi Persija kemungkinan masih akan terus melorot dan bahkan kembali terperosok ke zona degradasi.

Dengan total 13 poin di tangga 11, Macan Kemayoran hanya unggul produktivitas gol dari Bali United dan satu hingga dua angka di atas Borneo FC dan PSIS Semarang yang masih akan bermain sebelum Persija bentrok dengan Persebaya.

Karena  alasan itulah, Ismed Sofyan dan kolega wajib menang dari Persebaya jika ingin menghindari zona degradasi. “Kami sudah kerja keras (melawan Barito), tapi mungkin faktor luck membuat kami tidak dapat poin,” kata Teco dalam siaran Pers yang diterima Pos Kota, Kamis (31/5/2018).

“Sekarang kami harus fokus ke pertandingan ke depan, sudah dekat juga melawan Persebaya. Kami harus istirahat  yang benar, dan fokus menghadapi Persebaya,” lanjut Teco yang juga menilai bahwa faktor kebugaran para pemain menjadi hal yang akan sangat mempengaruhi hasil pertandingan.

Hal itu ia contohkan dengan kondisi sebagian pemainnya yang kurang bugar saat menghadapi Barito. Walhasil, Ismed Sofyan dan kawan-kawan mudah kehilangan konsentrasi hingga harus menelan kekalahan 0-2, Rabu (30/5) malam WIB.

“Kami datang satu hari sebelum pertandingan, tidak mencoba lapangan. Kalau kami tambah latihan, pemain akan makin lelah. Apalagi Barito punya waktu satu hari lebih banyak dari Persija, dan mereka juga tidak menjalani laga tandang, jadi istirahat di kota sendiri. Tetapi para pemain Persija kerja keras. Sekarang kami harus mengganti fokus lawan Persebaya,” ulas Teco.

Bermain Di Bantul

Ancaman kelelahan kemungkinan masih akan menghantui Ismed dan kolega kala menghadapi Persebaya. Pasalnya, tim Ibu Kota itu harus menjamu Persebaya di Stadion Sultan Agung Bantul, Jawa Tengah pada pukul 20:30 WIB.

Hal itu dipastikan berdasarkan surat yang diterima pihak klub dari PT. Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi sepakbola di Tanah Air.

Dalam surat bernomor 193/LIB/V/2018 tersebut yang diterima pihak klub pada Rabu (30/5), klub Ibu Kota itu juga diminta untuk berkoordinasi dengan pihak terkait demi kelancaran pertandingan.

“Bersamaan ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) menetapkan venue pertandingan Liga 1 2018 antara Persija Jakarta vs Persebaya pada tanggal 3 Juni 2018 dilaksanakan di Stadion Sultan Agung Bantul pada pukul 20:30 WIB.

Untuk selanjutnya, klub Persija Jakarta sebagai tuan rumah melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar pertandingan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” bunyi salah satu petikan dalam surat resmi tersebut yang ditandatangani oleh Risha Widjaya, selaku Chief Eksekutif Officer PT LIB. (junius/tri)