Sunday, 23 September 2018

Singa, Harimau dan Jaguar Lepas dari Kandang di Kebun Binatang Jerman

Sabtu, 2 Juni 2018 — 8:08 WIB
Singa bernama Malor (belakang) dan Lira (depan) di Kebun Binatang Eifel tahun 2016 namun tidak diketahui apakah keduanya termasuk yang lepas dari kandang.

Singa bernama Malor (belakang) dan Lira (depan) di Kebun Binatang Eifel tahun 2016 namun tidak diketahui apakah keduanya termasuk yang lepas dari kandang.

JERMAN– Dua singa, dua harimau, dan satu jaguar yang sempat melarikan diri dari kandangnya di kebun binatang di Jerman sudah berhasil ditangkap kembali.

Kelima hewan itu ditemukan masih di dalam kompleks kebun binatang di Lunebach, Jerman barat, setelah upaya pencarian yang melibatkan pesawat tanpa awak (drone), menurut pihak berwenang kepada para wartawan.

Warga setempat sudah diberitahu untuk berlindung di dalam ruangan dan menutup pintu serta jendela begitu para satwa itu diketahui lepas dari kandangnya, Jumat (01/06).

Seekor beruang juga dilaporkan lepas dari kebun binatang swasta Eifel tersebut, namun kemudian ditembak mati, menurut seorang pejabat setempat kepada kantor berita AFP.

Hewan-hewan itu bisa lepas setelah banjir dan badai merusak kandang mereka.

Proses pencarian besar-besaran ditempuh dengan menggunakan polisi, pemadam kebakaran, dan dokter hewan dengan bantuan pesawat tak berawak.

Pihak berwenang tidak memberikan rincian tentang penangkapan kembali satwa tersebut selain keterangan dari seorang juru bicara kepada kantor berita AFP bahwa kelima satwa sudah berada ‘di dalam kandangnya’.

Kebun Binatang Eifel -milik keluarga Wallpott- memiliki luas 30 hektare dengan 400 hewan dari 60 spesies, termasuk harimau dan singa Siberia.

Didirikan tahun 1965 lalu -hanya dengan bermodal awal anjing, keledai, dan beruang liar, seperti tertera di situs internetnya- kebun binatang ini dikunjungi 70.000 orang setiap tahunnya.

Lepasnya satwa pemangsa ini terjadi dua tahun setelah dua singa yang lari dari kandang mereka di sebuah kebun binatang di Leipzig, Jerman timur.

Seekor di antaranya ditembak mati dan satu lagi ditangkap kembali.

Sebelumnya, tahun 2015, seekor orang utan ditembak mati karena lepas dari Kebun Binatang Duisburg dan pada tahun 2017, beruang yang lepas Osnabrueck mengalami nasib yang sama. (BBC)