Sunday, 16 December 2018

Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen Mulai Menggeliat

Minggu, 3 Juni 2018 — 12:14 WIB
Calon pemudik mulai padati Stasiun Senen Jakarta.(Ikbal)

Calon pemudik mulai padati Stasiun Senen Jakarta.(Ikbal)

JAKARTA –  Arus  mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat mulai menggeliat. Pada Minggu (3/6/2018),  para pemudik d berbagai tujuan ke Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur mulai memadati Stasiun Pasar Senen.

Pantauan poskotanews.com sekitar pukul 11:00, suasana Stasiun Pasar Senen sudah  riuh dengan penumpang. Para penumpang tampak duduk-duduk di depan lobbi stasiun  depan pemeriksaan tiket  menunggu kedatangan kereta. Diketahui, penumpang yang dapat memasuki ruang tunggu adalah penumpang dengan keberangkatan kereta satu jam sebelumnya.

Mengantisipasi kepadatan pemudik tahun ini, pihak Stasiun Pasar Senen membuat pendingin udara di depan pemeriksaan loket. Hal ini dilakukan guna membuat nyaman pemudik dari udara panas di siang hari.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo mengatakan meski Stasiun Pasar Senen sudah mulai dipadati pemudik, namun menurutnya belum terjadi lonjakan penumpang yang berarti di stasiun tersebut.

“Belum ada lonjakan penumpang,” ujar Edy saa dihubungi poskotanews.com, Minggu (3/6/2018).

Edy menerangkan situasi serupa juga terjadi di Stasiun Gambir. Menurutnya kepadatan penumpang di dua stasiun tersebut masih dikategorikan dalam keadaan normal.

“Iya, (jumlah penumpang) masih normal,” imbuhnya.

Diketahui, PT KAI Daop 1 Jakarta menyediakan 73 kereta dengan tambahan 16 kereta dalam menghadapi musim mudik Lebaran.  Di Stasiun Pasar Senen terdapat 25 pemberangkatan reguler dengan 7 kereta tambahan setiap hari. Maka total perjalanan kerata api berjumlah 32 dengan kapasitas kursi 23.690.

Sementara itu di Stasiun Gambir terdapat  41 pemberangkatan yang terdiri dari 32 kereta reguler dan 9 kereta tambahan dengan kapasitas 18.326 kursi. (ikbal/tri)