Tuesday, 21 August 2018

Harga Ayam Naik Terus, Pedagang Malah ‘Buntung’

Minggu, 3 Juni 2018 — 11:36 WIB
Harga ayam potong terus naik. (Cw2)

Harga ayam potong terus naik. (Cw2)

JAKARTA – Harga pangan di bulan puasa terus merangkak naik, salah satunya harga ayam potong. Harmi pedagang ayam potong di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, mengaku hal ini juga mempengaruhi pendapatannya.

Menurut Harmi, sejak memasuki bulan puasa, harga ayam potong memang sudah naik, namun sempat turun harga, sebelum minggu ini kembali merangkak naik. Ayam potong yang biasanya hanya Rp. 30.000 kini dijual seharga Rp. 37.000, sedangkan ayam potong yang ukurannya lebih besar, yang biasanya ia jual seharga Rp. 35.000 kini ia hargai Rp. 42.000. Ia pun mengaku banyak pembeli yang memprotes tingginya harga tersebut.

“Pembeli udah pasti protes, hampir semuanya. Mau gimana kalau harga kita ga ikut naikin nanti ga bisa jualan,” ujar Harmi pada Minggu (3/6/2018) di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur.

Ia menambahkan, akibat harga yang terus merangkak naik pun, pendapatannya otomatis berkurang. Hal ini lantaran beberapa pelanggannya mulai mengurangi porsi ayam potong yang dibeli. Kata Harmi, contohnya saja yang biasa membeli satu ekor, kini hanya membeli setengah ekor saja.

“Biasanya dagangan saya sehari bisa laku 100, sekarang paling cuma 50. Turunnya drastis banget, sampai 50%,”  keluhnya.(CW2/Tri)