Tuesday, 20 November 2018

Menunggu Satu Tahun Baru Saluran Air di Tegal Alur Dikeruk

Selasa, 5 Juni 2018 — 5:47 WIB
Kasatpel SDA Kecamatan Kalideres, Agus Purwanto monitoring pengurasan saluran di RW 10 Kelurahan Tegal Alur, Jakbar. (Rachmi)

Kasatpel SDA Kecamatan Kalideres, Agus Purwanto monitoring pengurasan saluran di RW 10 Kelurahan Tegal Alur, Jakbar. (Rachmi)

JAKARTA – Mengatasi genangan, Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat menguras saluran sepanjang tiga kilometer di lingkungan RW 10 Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres. Kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut aspirasi masyarakat .

“Kami bersyukur dan berterina kasih setelah menunggu sejak tahun lalu, akhirnya drainase di RW 10 Tegal Alur dibenahi agar genangan teratasi,” kata Ketua LMK 10 Tegal Alur, Syaiful Anwar di lokasi Jalan Toram Raya, Senin (4/6/2018).

Tokoh warga ini menuturkan mayoritas rumah di RW 10 Tegal Alur lebih rendah dari jalan. Sebelumnya tahun lalu jalan di permukiman warga ini dibeton sekitar 20 cm. Sehingga saat hujan, air masuk ke rumah warga di gang-gang setinggi mata kaki. Meski air cepat surut.

Kasatpel SDA Kecamatan Kalideres, Agus Purwanto menuturkan pihaknya mengerahkan tim pasukan biru untuk menggempur sedimentasi lumpur di kawasan RW 10 Tegal Alur.

“Pengurasan saluran selain hasil pengecekan lapangan oleh tim, juga menindaklanjuti aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui forum musrenbang,” ujar Agus.

Khusus penanganan genangan di Jln Toram Raya dan di RW 10 Tega Alur pada umumnya, petugas harian lapangan (PHL) membersihkan saluran sepanjang tiga kilometer dengan endapan lumpur berkisar 40 cm. Dengan begitu diharapkan dapat memperbanyak daya tampung air di saluran sehingga meminimalisir genangan saat hujan deras.

Secara keseluruhan lanjut Agus, jajarannya sejak Januari hingga Mei 2018 menggempur lumpur saluran yang tersebar di 50 titik. Hasilnya 22.000 karung berisi lumpur diangkut dan saluran menjadi lancar. (Rachmi/b)