Sunday, 18 August 2019

Cedera Mohamed Salah di Final Liga Champions Masuk Soal Ujian Kuliah

Rabu, 6 Juni 2018 — 1:59 WIB
Mohamed Salah tampak emosional ketika keluar lapangan karena cidera (reuters)

Mohamed Salah tampak emosional ketika keluar lapangan karena cidera (reuters)

SURIAH– Universitas di Damaskus, Suriah, mengeluarkan soal ujian berisi pertanyaan tentang insiden cederanya pesepakbola Liverpool, Mohamed Salah, pada pertandingan final Liga Champions.

Laman Facebook berbahasa Suriah membagikan foto-foto berupa naskah ujian mahasiswa hukum tingkat satu di Universitas Damaskus.

Dalam berkas ujian itu disebutkan aksi bek Real Madrid, Sergio Ramos, yang memaksa Mo Salah meninggalkan lapangan pada pertandingan pekan lalu

Pertanyaan yang tertulis dalam soal ujian adalah: “Sergio Ramos telah mencederai Mohamed Salah di final Liga Champions Eropa 2018. Ramos tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas tindakan ini dari perspektif hukum pidana karena empat kondisi yang membuat penggunaan kekerasan dibenarkan dalam olahraga. Apa saja kondisi tersebut.”

Pertanyaan tersebut tampaknya ditanggapi sebagian besar mahasiswa dengan humor sekaligus persaingan olahraga.

Situs kubu oposisi Suriah, Enab Baladi, menulis bahwa beberapa mahasiswa mengatakan dosen yang yang membuat soal ujian adalah “penggemar Barcelona yang kalah”.

Rival Barcelona, Real Madrid, memenangkan final di Kiev setelah mengalahkan Liverpool dengan skor 3-1.

Sementara pengguna Facebook lainnya berkomentar, “Setiap penggemar Barcelona akan merobek kertas ujian dan keluar ruangan ketika mereka mendengar nama Ramos.”

Namun pengguna media sosial lainnya memuji profesor yang menulis pertanyaan agar para mahasiswanya menerapkan hukum pada contoh kehidupan nyata, sementara halaman Facebook milik universitas membela dosennya.

“Pertanyaannya jelas dan jujur. Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang ditujukan kepada seluruh staf akademik kami,” katanya.

Pihak universitas mengunggah lembar pertanyaan, dan jawabannya. Jawaban itu ditulis dengan benar oleh seorang mahasiswa yang ditampilkan akun Hawa TV di Facebook.

“Jawabannya adalah: 1 – Bahwa pertandingan itu digelar sesuai dengan hukum. 2 – Bahwa pemain yang cedera telah setuju untuk mengambil bagian dalam permainan. 3 – Bahwa pemain mengakibatkan cedera telah menghormati peraturan dan prinsip pertandingan. 4 – Bahwa cedera itu diderita saat pertandingan berlangsung,” tulis pihak universitas.(bbc)