Friday, 21 September 2018

Ramadhan di Masjid At-Tin, dari Sulap hingga I’tikaf

Rabu, 6 Juni 2018 — 16:54 WIB
Masjid Agung At-Tin

Masjid Agung At-Tin

JAKARTA – Masjid Agung At-Tin merupakan salah satu masjid besar yang ada di Jakarta. Di bulan Ramadhan kali ini, berbagai kegiatan telah disiapkan oleh para pengurus masjid, di antaranya berbuka bersama dan ramadhan ceria.

Kepala bidang peribadatan di Masjid Agung At-tin, Harnali, mengatakan bahwa kegiatan Ramadhan kali ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kegiatan di tahun-tahun sebelumnya.

Ada kegiatan yang dilakukan setiap hari seperti simaul Qur’an bil ghoib, ta’jil dan iftar atau buka puasa bersama, salat dan ceramah tarawih, serta Ramadhan ceria.

Lalu ada pula pengajian dhuha yang diadakan tiap Sabtu, pengajian ahad yang diadakan tiap minggu, peringatan Nuzulul Al-Quran pada hari ke-17 di bulan Ramadhan dan juga i’tikaf.

Yang menarik dari seluruh kegiatan Ramadhan di Masjid Agung At-Tin adalah kegiatan Ramadhan ceria. Di mana target dari kegiatan tersebut merupakan anak-anak.

“Ramadhan ceria itu kita mengakomodir anak-anak supaya berbukanya tidak berbarengan dengan orang-orang dewasa, acara itu kita isi dengan dongeng, sulap, kemudian Magrib kita beri nasi box tersendiri,” ujar Harnali pada Rabu (6/6/2018) di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur.

Kegiatan Ramadhan ceria diadakan mulai hari ke-3 ramadhan hingga ke-26 Ramadhan. Kegiatan pun berlangsung mulai pukul 16.30 hingga selesai berbuka puasa. Anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut akan berkumpul di ruang serba guna.

Berdasarkan pantauanĀ poskotanews.com, Masjid Agung At-tin kini diramaikan oleh jemaah yang beri’tikaf di sana. Dengan sebuah alas tidur dari tikar atau pun karpet yang dibawa sendiri maupun yang disediakan, para jemaah ini ada yang tengah berisitrahat ada pula yang beribadah.

Harnali mengaku dibandingkan Sabtu Minggu, hari biasa seperti ini tergolong cukup sepi. Karena apabila weekend, bisa dipastikan jemaah masjid akan lebih banyak daripada biasanya. (cw2/win)