Monday, 17 June 2019

H-7 Lebaran Transaksi di Pegadaian Purwakarta Meningkat

Kamis, 7 Juni 2018 — 13:55 WIB
Masyarakat serbu kantor Pegadaian untuk menggadaikan perhiasan emas maupun kendaraan bermotor jelang Lebaran. (dadan)

Masyarakat serbu kantor Pegadaian untuk menggadaikan perhiasan emas maupun kendaraan bermotor jelang Lebaran. (dadan)

PURWAKARTA – Sepekan  menjelang Idul Fitri 1439 H,  masyarakat yang melakukan transaksi gadai dan tebus di kantor Pegadaian Cabang Kabupaten Purwakarta di Jalan Kapten Halim, Kab. Purwakarta, meningkat.

Pemimpin Pegadaian Cabang Purwakarta, Yeni Candrahayani menjelaskan, jumlah masyarakat yang melakukan transaksi gadai barang elektronik dan kendaraan mengalami kenaikan paling menonjol  hingga 250%

“Yang paling menonjol terjadi gadai kendaraan dan elektronik mencapai 200-250%,” ungkapnya, Kamis (7/6/2018).

Kenaikan juga terjadi di transaksi gadai emas. Namun angkanya tidak signifikan, hanya sekitar 20%.”Kalau emas kebanyakan tebus,” tambahnya.

Untuk jumlah teransaksi sendiri dalam sehari bisa mencapai 400 transaksi, dengan jumlah nominal hingga Rp300 juta.

Asep (37), pemilik motor, menyebutkan ia sengaja menggadaikan motornya hanya untuk menitipkan sementara selama ia mudik. Selain itu, ia juga mendapat uang gadaian yang akan dipergunakan lebaran.

“Kalau saya mah itung itung nitipin motor karena mau mudik ke daerah Banjar. Pulang mudik juga nanti saya tebus lagi,”jelas dia.

Sedangkan Wina (40), menggadaikan perhiasan emas miliknya untuk keperluan berlebaran.

“Saya gadaikan emas untuk dapat pinjaman uang. Uang tersebut saya pakai untuk kebutuhan Lebaran dan buat biaya pendaftaran masuk sekolah,” ujarnya.(dadan/mb)