Tuesday, 21 August 2018

Lebaran, Harga Pangan Stabil?

Kamis, 7 Juni 2018 — 5:28 WIB

MELEGAKAN. Di saat warga Jakarta ketar-ketir stok bahan pangan kurang dan harga-harga menjelang Lebaran melonjak, Gubernur Anies Baswedan memastikan bahwa kondisi seperti itu tidak akan terjadi.

Orang nomor satu di lingkungan Pemprov DKI Jakarta menyebut suplai kebutuhan pangan di Ibukota hingga Hari Raya Idul Fitri, aman. Seiring dengan itu, harga bahan pangan pun dipastikan tetap stabil.

Garansi ini, Anies sampaikan usai mengikuti video conderence bersama Forkopimda di Polda Metro Jaya yang dipimpin Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Pos Kota (6/6/2018). Saat ini stok bahan pangan bagi warga Jakarta baik beras, daging, sayuran, dan lainnya di atas kebutuhan. Karena itu tidak akan ada gangguan dari sisi harga karena suplainya berjalan dengan baik.

Melimpahnya stok dan tidak akan melonjaknya harga bahan pangan tentu membuat publik tenang. Maklum, biasanya bagai sudah menjadi tradisi setiap menjelang Lebaran harga bahan pangan di Jakarta meroket. Kenaikan ini seiring dengan melonjaknya permintaan akan barang untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Fitri.

Contohnya di sejumlah pasar tradisional di Jakarta Barat, harga cabe rawit hijau dan bawang putih beberapa hari sebelumnya sempat balapan naik. Cabe rawit hijau hijau biasanya Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu/kg dan bawang putih dibandrol Rp30 ribu dari sebelumnya Rp25 ribu/kg.
Merangkaknya harga bahan pangan ini membuat ibu rumah tangga puyeng mengatur uang belanja. Mereka khawatir kenaikan sejumlah komoditas ini akan diikuti melambungnya harga bahan pangan yang lain.

Namun sejak Anies menggaransi stok bahan pangan berlimpah dan harga tetap akan stabil, rasa was-was publik tentu saja mulai berkurang. Mereka berharap garansi itu bisa menjadi realita.

Duet pimpinan Pemprov DKI Jakarta ini memang tergolong konsen terhadap bahan pangan warganya. Selain Anies rajin inspeksi mendadak (sidak) dan blusukan ke pasar tradisional, Wakil Gubernur Sandiaga Uno juga sering menyambangi daerah sentra pemasok bahan pangan.
Memastikan stok cabe di daerah produsen berlimpah atau tidak, Sandiaga dengan cepat datang ke Desa Giri Kulon, Secang, Magelang. Bukan itu saja, Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, juga blusukan ke daerah sentra pemasok bawang di Desa Dukuhwringin, Wanasari, Brebes. Langkah ini untuk memastikan stok bawang berlimpah.

Mengontrol dan memastikan stok serta menstabilkan harga pangan memang kewajiban pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Bila pemerintah membiarkan bahan pangan melonjak tanpa segera melakukan langkah-langkah strategis maka beban warga akan semakin berat.
Kini publik menunggu kenyataan. Apakah menjelang Lebaran harga bahan pangan tetap stabil? @*