Saturday, 23 June 2018

Libur Lebaran 2018

PMI DKI Siapkan Posko Kesehatan dan Ambulans di Terminal Hingga Tempat Wisata

Sabtu, 9 Juni 2018 — 11:59 WIB
PMI DKI Jakarta memberikan santunan dalam acara buka puasa bersama anak yatim piatu, mantan karyawan PMI Provinsi DKI Jakarta beserta staf di kantor PMI DKI Jakarta, Jumat (8/6/2018). (ist)

PMI DKI Jakarta memberikan santunan dalam acara buka puasa bersama anak yatim piatu, mantan karyawan PMI Provinsi DKI Jakarta beserta staf di kantor PMI DKI Jakarta, Jumat (8/6/2018). (ist)

JAKARTA – Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, menyediakan posko kesehatan di hampir seluruh terminal, stasiun dan pelabuhan di ibukota selama masa mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Ali Reza mengatakan, posko-posko kesehatan tersebut dapat dimanfaatkan para pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan selama perjalanan mudik dan balik.

“Posko-posko kesehatan yang kami dirikan memiliki fungsi utama sebagai pos pertolongan pertama. Kami sediakan untuk mengantisipasi gangguan kesehatan pemudik,” kata Reza, dalam perbincangannya, Sabtu (9/6/2018).

“Bila ada pemudik yang merasa pusing, mual, demam, atau gangguan kesehatan lainnya, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu di posko kami sebelum atau di sela-sela melakukan perjalanan mudik dan balik,” sambungnya.

Soal posko kesehatan ini juga telah ia sosialisasikan saat acara buka puasa bersama anak yatim piatu, mantan karyawan PMI Provinsi DKI Jakarta beserta staf di kantor PMI DKI Jakarta, Jumat (8/6/2018) malam. Termasuk tips-tips menjaga kesehatan dan mengantisipasi masalah gangguan kesehatan yang mungkin muncul dalam perjalanan mudik dan balik.

posko

Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Ali Reza. (ist)

“Saya juga telah mengimbau petugas-petugas posko untuk selalu standby dan memberikan pelayanan kesehatan dengan sebaik-baiknya,” kata Reza.

Pos pertolongan pertama tersebut di antaranya dibuka di Terminal Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Kalideres; Stasiun Gambir, Senen, Jatinegara, dan Pelabuhan Tanjung Priok. Pelayanan dibuka mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. “Kami juga¬† bekerjasama dengan Instansi terkait lainnya,” imbuh Reza.

Tidak hanya di terminal, stasiun dan pelabuhan, sepanjang libur Lebaran 2018, PMI DKI juga menyediakan posko kesehatan di tempat-tempat wisata. Antara lain di Taman Marga Satwa Ragunan, Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Seluruh pos yang kami sediakan difasilitasi tabung oksigen beserta peralatan-peralatan yang berkaitan dengan pertolongan pertama. Ada pula beberapa pos yang terdapat mobil ambulans,” tuntasnya. (ys)