Friday, 21 September 2018

Stasiun KA Gambir Terus Dipadati Pemudik Lebaran

Sabtu, 9 Juni 2018 — 18:31 WIB
Stasiun Gambir membludak penumpang. (silaen)

Stasiun Gambir membludak penumpang. (silaen)

JAKARTA – Stasiun Kereta Api (KA) Gambir, Jakarta Pusat dipenuhi ribuan pemudik Lebaran yang akan diberangkatkan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Ada sekitar 19.671 pemudik malam ini akan diberangkatkan,”ujar Kepala Stasiun Gambir Rizki Afrida, Sabtu (9/6/2018) sore.

Keberangkatan dari Stasiun Gambir, bukanlah puncak arus mudik. Hal tersebut karena memang sudah diatur, dimana setiap harinya rata-rata penumpang yang berangkat, diatas 19 ribu orang.

“PT KAI sudah tidak melayani penjualan tiket hingga tanggal 14 Juni. Sebab, tiket yang tersedia sudah ludes terjual diborong pemudik,” ujarnya.

Jumlah pemudik tahun 2018 lebih banyak bila dibandingkan tahun lalu. Penambahan itu karena adanya tambahan kereta yang tadinya hanya sebanyak sembilan, kini menjadj 13 kereta.

Lebih lanjut ia menjelaskan, PT KAI juga menyediakan posko kesehatan untuk penumpang yang akan pergi ke kampung halamannya. Bahkan, ada juga arena bermain untuk pemudik yang membawa anak-anak agar mereka tak bosan ketika sedang menunggu kereta. Pengamanan tambahan pun juga disiapkan hingga Selasa 26 Juni 2018.

“Selain ada penambahan kereta, kita juga ada penambahan posko seperti posko kesehatan, pelayanan, keamanan, dan posko area penumpang lain seperti area bermain, ada pengamanan dari eksternal,” pungkasnya.(silaen/b)