Saturday, 22 September 2018

Senin Malam, Diperkirakan Pemudik Motor Mencapai Puncaknya

Minggu, 10 Juni 2018 — 20:06 WIB
Pemudik sepeda motor. (saban)

Pemudik sepeda motor. (saban)

BEKASI – Arus mudik di jalan arteri wilayah Kota Bekasi, pada Minggu (10/6/2018) petang masih lengang. Tidak banyak kendaraan sepeda motor yang melintas di perempatan Jalan KH Noer Alie-Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

“Saat ini belum nampak ada peningkatan,” ujar Kompol Mustamal, Wakasat Lantas Polrestro Bekasi Kota, yang memantau di Pos Pam PDAM Bhagasasi, Ahmad Yani. Menurutnya kondisi lalul-intas akan meningkat pada Senin malam, “Karena ada yang Senin terakhir masuk kerja,” lanjut Mustamal.

Pemandangan serupa dengan tahun lalu, juga terjadi di sepanjang jalan arteri yang menjadi penghubung kota-kota besar di Jawa. Ini terlihat di Jalan KH Noer Alie mulaui dari Caman hingga perempatam Tol Bekasi Timur. Jalan Sultan Hasanudin hingga ke Pasar Baru Bekasi. Kendaraan sepeda motor dengan dua atau lebih pembonceng melintas, di belakangnya ada tambahan untuk tas atau hanya sekadar tempat minum.

mudik motor-2

Untuk mengamankan jalur arteri Satlantas Polres Metro Bekasi Kota menempatkan 11 pos pengamanan (Pos Pam), dan tiga Pos Pelayanan (Pos Yan) pada jalur mudik Lebaran 2018. Ke-11 Pos Pam tersebut, berlokasi antara lain di perampatan Bulak Kapal, Stasiun kereta api Kranji, depan gerbang tol Bekasi Barat, depan Giant Wisma Asri, Bantargebang, Jatiasih Komsen, Pondokgede, Jatiwaringin, depan Plaza Bluemal dan lainnya.

Sedang ketiga Pos Yan, disediakan di Stasiun Bekasi, Terminal Bus Bekasi, dan di depan PDAM Jalan Hasibuan.

Diperkirakan jumlah pemudik menggunakan sepeda motor dari arah Jakarta melintasi Kota Bekasi Lebaran kali ini, akan menurun. Hal itu sejalan program pemerintah adanya angkutan penitipan kendaraan, dan angkutan Lebaran.

Tahun 2016, katanya, sesuai data di Satlantas Polres Metro Bekasi Kota, jumlah pemudik pesepeda motor yang melintas Kota Bekasi tercatat 274.303 unit. Tahun 2017 sebanyak 209.441 kendaraan. Sedang arus balik tahun 2016 sebanyak 162.901 unit dan tahun 2017 tercatat 61.431 kendaraan roda dua.

Mustamal mengimbau kepada masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor agar mengutamakan keselamatan dan satu sepeda motor ditumpangi dua orang, dan barang bawaan tidak terlalu banyak sehingga tidak sampai mengganggu perjalanan. (saban/yp)