Wednesday, 12 December 2018

Ini Alasan Pemudik ke Sumatera Memilih Berangkat Malam Hari

Senin, 11 Juni 2018 — 22:29 WIB
Mudik malam hari masuk ke Pelabuhan Merak

Mudik malam hari masuk ke Pelabuhan Merak

MERAK – Berbagai upaya dilakukan pemerintah memecah gelombang arus mudik yang biasanya terpusat pada malam hari menjadi siang dan malam, nampaknya kurang direspons mayoritas pemudik. Mayoritas pemudik lebih memilih berangkat waktu malam dengan pertimbangan keselamatan.

Terbukti berdasarkan data PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, pemudik tetap membludak pada malam hari.

Sejumlah pemudik kendaraan pribadi di Pelabuhan Merak mengutarakan sejumlah alasan. Nurwansyah, 35, misalnya, warga asal Palembang yang kini bekerja di Jakarta ini mengatakan, tidak nyaman melakukan perjalanan mudik di siang hari.

“Bukannya tidak mau, tapi saya tidak nyaman kalau berangkat dari Jakarta siang hari. Sebab, sampai di seberang saya akan melakukan perjalanan malam hari. Sementara penerangan jalan di Sumatera masih kurang. Ada ancaman begal, dan hal-hal lain,” katanya.

Menurut Nurwansyah, ia bersedia melakukan perjalanan mudik siang hari jika infrastruktur jalan di Sumatera tidak lagi gelap. “Kalau sudah tidak lagi gelap gulita ya saya mau saja Mas,” akunya.

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat ditemui di Pelabuhan Merak, mengimbau kepada para pemudik kendaraan bermotor untuk mengedepankan keselamatan.

“Kami sudah bangun ratusan posko di sepanjang jalan arteri. Jadi jika sudah merasa lelah, istirahatkan dulu di pos terdekat. Jangan lupa gunakan alat kelengkapan seperti helm, tetap jaga kesabaran jangan sampai emosi di dalam perjalanan,” katanya. (haryono/b)