Tuesday, 21 August 2018

PBB Puji Donald Trump dan Kim Jong-un

Selasa, 12 Juni 2018 — 11:01 WIB
Sekjen PBB, Antonio Guterres. (reuters)

Sekjen PBB, Antonio Guterres. (reuters)

AMERIKA SERIKAT – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Antonio Guterres, menyatakan pujian kepada Donald Trump dan Kim Jong-un yang sama-sama mau menyingkirkan ego sesaat demi kebaikan bersama.

“Dunia sedang menyaksikan apa yang akan terjadi di Singapura dalam beberapa jam,” kata Guterres, seperti dilansir Xinhua, Selasa (12/6/2018).

Tak lupa, Guterres mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mengupayakan pertemuan ini. Ia pun menekankan jika PBB akan mendukung semua upaya yang mengkut perdamaian, termasuk rencana denuklirisasi.

( BACA : Akhirnya Sejarah Tercipta, Trump Jabat Tangan Kim Jong-un )

“Badan Energi Atom Internasional memiliki mandat untuk menerapkan pengamanan pada semua bahan nuklir demi perdamaian, termasuk semua materi yang dihapus dari program militer,” jelas Guterres.

“Dewan Keamanan telah secara konsisten menggarisbawahi solusi damai agar ketegangan berkurang,” ujarnya.

Menutup pernyataannya, Guterres berharap semua pihak akan memanfaatkan pertemuan tingat tinggi ini Semenanjung Korea yang tenang, makmur, aman, dan dapat diverifikasi.

Seperti diketahui, untuk pertama kalinya, Amerika Serikat dan Korea Utara duduk bersama untuk membicarakan hubungan kedua negara. Trump dan Kim berbicara secara pribadi mengenai permasalahan yang sedang terjadi saat ini, termasuk masalah denuklirisasi.(*/mb)