Tuesday, 21 August 2018

Saat Mahathir Menginspirasi Bagi Sang Bapak Reformasi

Selasa, 12 Juni 2018 — 5:55 WIB
amiens

TERPILIHNYA Mahathir Mohammad sebagai Perdana Menteri Malaysia dalam usia 92 tahun, ternyata ngefek juga bagi RI, setidaknya untuk bapak reformasi Amien Rais. Baginya kemenangan itu sangat menginspirasi. Usia 92 tahun saja menang Pemilu, apalagi dirinya yang baru 74 tahun. Maka diapun mendeklarasikan diri, mau Nyapres juga di tahun 2019.

Sebetulnya PAN menggadang-gadang Ketumnya, Zulkifli Hasan, untuk menantang Jokowi di Pilpres mendatang. Tapi rupanya dia kurang pede. Di samping teman koalisi yang benar-benar mantap belum ada, hasil survei tak mereken dirinya. Jangankan Capres, Cawapres saja tidak masuk.

Maka diapun menyilakan, petinggi PAN seperti Hatta Radjasa, Sutrisno Bachir bahkan Amien Rais, kalau mau maju akan didukung. Para mantan Ketum PAN itu tak bereaksi, kecuali yang paling senior, Amien Rais. Tak peduli ucapan Zulkifli Hasan ini tulus atau sekedar “nglulu” (basa-basi yang bermakna sebaliknya), mantan Ketua MPR itu menyatakan siap untuk menantang Jokowi, duel secara konstitusi.

Amien Rais punya alasan untuk maju ke Pilpres 2019. Di Malaysia sana, Mahathir Mohammad yang sudah berusia 92 tahun, ternyata bisa juga mengalahkan PM Najib Razak. Lalu katanya, “Amien Rais jadi merasa remaja lagi.”

Soal kesiapannya menjadi calon presiden, Amien berseloroh manusia tidak pernah tahu tentang apa yang terjadi di masa depan. Kata Amien Rais, itu masih merupakan rahasia Ilahi. ”Karena itu manusia punya kewajiban untuk berjuang, bergerak membuat movement supaya cita-citanya tercapai,” jelas Amien.

Banyak tanggapan dari parpol, baik dari koalisi Jokowi maupun koalisi Prabowo. Golkar menyambut baik niat Amien Rais untuk Nyapres, ketimbang hanya teriak-teriak nyinyir. Sebaliknya Gerindra, seakan merendahkan malah bilang, “Amien Rais kami pertimbangkan untuk jadi Cawapres Prabowo.” Bayangkan, dia maunya Nyapres kok malah “dibanting” untuk pos Cawapres.

Boleh saja Amien Rais merasa remaja kembali, rosa-rosa macam Mbah Marijan dari Gunung Merapi. Tapi menyamakan prestasinya seperti Mahathir, apa yang jadi tolok ukurnya? Mahathir pernah 22 tahun menjadi menteri.

Mungkinkah Amien Rais benar-benar diusung jadi Capres? Gerindra – PKS sudah mantap mengusung Prabowo, kubu Demokrat tak mungkin mengusung Amien Rais, wong dia punya jago sendiri, AHY. PAN mengusung sendiri, kursinya di DPR hanya 49. Lalu untuk mencapai 112 kursi sebagai syarat pencapresan, apakah harus cari kursi di Klender? – gunarso ts