Thursday, 16 August 2018

Hindari dari Sasaran Begal, Polisi Kawal Pemudik

Rabu, 13 Juni 2018 — 18:11 WIB
Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana  di Pelabuhan Bakauheni

Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana di Pelabuhan Bakauheni

LAMPUNG- Upaya penanganan begal menjadi atensi Polda Lampung dan Jajaran Polresta. Ini mengingat hal tersebut merupakan perintah Kapolri langsung . Oleh karena itu demi keamanan dan kenyamanan pemudik motor akan dikawal polisi.

“Upaya persuasif terus diupayakan, yakni dengan melakukan patroli secara terbuka dan hunting di sejumlah titik rawan tindakan kriminalitas bahkan dikawal anggota kepolisian,” kata Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Rabu (13/6/2018).

Dikatakan kapolda, pihaknya juga sudah menindak tegas terhadap begal yang korbannya pemudik di ruas Jalinsum Simpang Kates, Lampung Selatan beberapa hari lalu. Polisi terpaksa menembak empat pelaku begal satu di antarnya tewas.

“Hal ini dilakukan, agar masyarakat tidak perlu khawatir lagi saat akan melakukan perjalanan mudik menuju ke kampung halamannya,”ungkapnya.

Selain itu juga, kata Irjen Pol Suntana, pemudik diimbau untuk selalu memperhatikan rambu-rambu lalu lintas saat berkendara, lalu gunakan Pos pelayanan (Posyan) maupun Pos pengamanan (Pospam) yang ada jika memang memerlukan informasi terkait mudik secara lengkap. Pemudik juga, tidak harus memaksakan untuk melanjutkan perjalanan apabila kondisi tubuh dan kendaraan tidak optimal (fit).
“Secara keseluruhan, kegiatan Operasi Ketupat Krakatau 2018 yang digelar dan berlangsung saat ini berjalan cukup lancar dan aman,”terangnya.

Irejn Pol Suntana mengutarakan, saat perjalan mudik menuju ke Terminal Rajabasa, telah dilakukan penguatan personel pengaman untuk menjamin keamanan pemudik.

Berdasarkan dari pantauan yang ada saat ini, tidak ada pemudik yang merasa resah dan terabaikan ketika mencari angkutan umum untuk melanjutkan perjalanan mudiknya menuju ke kampung halamannya.

“Hal ini menjadi arahan penting dari Kapolri, dengan petunjuk serta arahan yang sudah di sampaikan,”pungkasnya. (Koesma/b)