Sunday, 16 December 2018

Mohamed Salah Masih Diragukan Tampil

Rabu, 13 Juni 2018 — 7:51 WIB
Mohamed Salah andalan Timnas Mesir (reuters)

Mohamed Salah andalan Timnas Mesir (reuters)

RUSIA – Duel antara Timnas Mesir dan Uruguay bakal digelar di Central Stadium, Yekaterinburg, Rusia, Jumat (15/6) malam WIB. Pada laga ini penyerang andalan Mesir Mohamed Salah diprediksi tidak bisa tampil lantaran masih masa pemulihan cedera bahu usai final Champions 2018 antara Liverpool vs Real Madrid.

Bomber Liverpool itu diketahui ikut dalam sesi latihan pada Senin kemarin. Namun direktur federasi sepak bola Mesir Eham Lehita mengatakan bahwa terlalu dini untuk mengatakan Salah bisa tampilmelawan Uruguay atau tidak.

“Kondisinya bertahap mulai membaik. Namun,saya tidak dapat memastikan hari ini apakah ia bisa tampil pada pertandingan pertama Piala Dunia (melawan Uruguay). Kami berharap ia
akan bisa tampil pada pertandingan tersebut, meski hal itu sepertinya akan terlalu beresiko bagi Salah,” kata Lehita dalam laporan terakhirnya terkait kondisi Salah, seperti dikutip The Guardian.

MASIH NYERI

Sebelumnya, dokter timnas Mesir, Mohammad Abu Al Ela mengaku bahwa Salah sepertinya tidak akan bermain melawan Uruguay lantaran masih merasakan nyeri pada bahunya selama menjalani pemulihan. Selama ini Salah kerap menjadi tumpuan dan ikut memberikan andil membawa tim
asuhan Hector Cuper itu ke Rusia tahun ini. Namun Cuper telah mengantisipasi hal itu jauh-jauh hari.

Menurutnya, Mesir siap bermain meski dengan atau tanpa Salah. “Kami berharap tidak akan terpengaruh. Kami mencoba untuk menjadi tim yang sama, kami tidak boleh bergantung pada satu pemain,” ujar Cuper.

Diragukannya kondisi Salah, tentu akan dimanfaatkan Uruguay untuk dapat menurunkan skuat terbaiknya, termasuk bintang muda mereka, Rodrigo Bentancur. Selain itu, duet penyerang Luis Suarez dan Edinson Cavani juga dalam kondisi siap tempur. Berdasarkan rekor pertemuan, kedua tim hanya bertemu sekali yakni pada laga persahabatan bulan Agustus 2006 silam. Saat itu, Uruguay berhasil menekuk Mesir 2-0.

Dari lima laga terakhir yang dilakoni kedua tim, Uruguay punya catatan positif dibandingkan Mesir. Uruguay mampu memenangkan tiga laga saat ujicoba kontra Uzbekistan, Wales, dan Republik Ceko.

Namun bukan berarti Uruguay tidak bisa dikalahkan seperti saat mereka menyerah 1-2 dari Austria pada laga ujicoba November 2017 lalu.

Sayangnya, Mesir tak pernah menang dalam lima pertandingan terakhir menghadapi Portugal, Yunani, dan Belgia, dan meraih hasil imbang lawan Kolombia dan Kuwait. (junius/bu)