Tuesday, 23 October 2018

Wanita di Desa Ini Tuntut Hak Berenang Tanpa Penutup Dada

Rabu, 13 Juni 2018 — 9:56 WIB
Ilustrasi. (reuters)

Ilustrasi. (reuters)

SPANYOL – Para wanita di sebuah desa dekat Barcelona, melakukan pemungutan suara agar dapat berenang di kolam renang umum tanpa menggunakan penutup dada. Voting ini dilakukan untuk melawan larangan yang diterapkan pejabat setempat.

Dilansir BBC,  hasil pemungutan suara menunjukkan, jika 61 persen wanita di L’Ametlla del Vallès menginginkan berenang tanpa penutup tubuh bagian atas, sementara hanya 39 persen yang menolaknya.

Disebutkan ada 379 wanita yang ikut dalam pemungutan suara tersebut dengan rentan usia 16 tahun keatas. Otoritas lokal Catalan lah yang mengatur dan menyelenggarakan voting ini secara resmi.

Voting ini digelar setelah sebelumnya terjadi teguran dari polisi terhadap dua wanita yang tak mengenakan bikini bagian atas mereka di sebuah pantai. Polisi datang setelah mendapat laporan dari penjaga pantai setempat.

Sebelumnya, pria dan wanita di desa tersebut melakukan aksi protes dengan mengenakan busana bagian atas mereka dan menggambar puting pada pakaian yang mereka kenakan. (embun)