Tuesday, 19 June 2018

Amankan Malam Takbiran Kapolres Depok dengan Cara Humanis

Kamis, 14 Juni 2018 — 20:36 WIB
Kapolresta Depok didampingi Wakapolresta Depok serta pejabat Polresta Depok bersama tiga pilar dalam melaksanakan gelar apel pasukan pengamanan malam takbiran. (Angga)

Kapolresta Depok didampingi Wakapolresta Depok serta pejabat Polresta Depok bersama tiga pilar dalam melaksanakan gelar apel pasukan pengamanan malam takbiran. (Angga)

DEPOK – Jajaran Polresta Depok menurunkan ratusan personil gabungan dalam rangka pengamanan malam takbiran selama Operasi Ketupat Jaya 2018.

Kapolresta Depok Kombes Didik Sugiarto mengatakan dalam menjaga kondusifitas dan aman Kota Depok selama perayaan malam takbir dan salat Ied pihaknya menurunkan 457 personil gabungan TNI, Dinas Perhubungan, Pramuka, Satpol PP.

“Anggota akan melakukan patroli stasioner ke wilayah antisipasi pencurian rumsong yang ditinggal pergi pemiliknya pulang kampung. Serta mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan konvoi maupun pawai takbir,”ujarnya kepada Pos Kota didampingi Kabag Ops Polresta Depok Kompol Agus selepas acara gelar pasukan Pengamanan Takbiran dan Solat Ied di Mapolresta Depok, Kamis (14/6/2018) petang.

Mantan Wadirkrimum Polda Metro Jaya ini mengungkapkan bagi masyarakat yang mau melakukan malam takbir dengan konvoi atau pawai diimbau melaksanakan kegiatan tabur di tempat ibadah (masjid).

“Jadi kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melaksanakan takbir, kami mengimbau dilaksanakan di tempat-tempat ibadah dan tidak melakukan pawai. Ini untuk mencegah gangguan Kamtibmas, juga mencegah kerawanan-kerawanan,” tuturnya.

Menurut Kombes Didik, konvoi di jalan dapat menimbulkan potensi perselisihan yang berujung pada gangguan keamanan. Sehingga pada malam takbiran nanti pihaknya telah menyiapkan strategi pengamanan.

“Tetap kita lakukan pengamanan-pengamanan. Baik itu di titik simpul jalan maupun juga memantau, memonitor kegiatan tersebut sehingga tidak terjadi potensi perselisihan, kerawanan dengan pihak-pihak yang lain,” ungkapnya.

Kendati demikian jika nanti di lapangan masih ada yang melakukan konvoi, lanjut Kombes Didik, anggota akan melakukan langkah langkah antisipasi kerawanan dengan mengedepankan tindakan humanis.

“Kita berupaya secara humanis, langkah-langkah persuasif, koordinatif yang akan kita jalankan,” tegasnya.

Selain itu, Didik menjelaskan pihaknya juga melakukan upaya cipta kondisi dengan sasaran aksi-aksi premanisme, penyalahgunaan atau peredaran miras tanpa izin. Kemudian tawuran dan aksi-aksi kejahatan jalanan.

“Ini menjadi concern karena hasil analisa dari peristiwa gangguan Kamtibmas, peristiwa kriminalitas salah satunya diawali dengan menggunakan minuman keras. Ini setiap malam kita lakukan razia minuman keras untuk kita lakukan penindakan. Ini juga untuk mencegah potensi dan kerawanan kejahatan yang terjadi,” pungkasnya.

Kombes Didik bersama unsur Forkompimda Kota Depok yaitu Walikota Depok Muhamad Idris dan lembaga hukum lain akan melaksanakan keliling peninjauan Pos Pengaman lebaran. “Selain itu kedatangan kita ini bertujuan juga untuk memberikan dukungan kepada personil yang berjaga di Pos Pam,”tutupnya. (Angga/b)