Tuesday, 21 August 2018

Gambarkan Nabi Muhammad, Program Hiburan Korsel Dikecam Muslim Dunia

Kamis, 14 Juni 2018 — 8:32 WIB
Program ‘Those Who Cross the Line’ tayangan MBC berusaha menguak jejak kedekatan dua negara Yordania - Israel. (ist)

Program ‘Those Who Cross the Line’ tayangan MBC berusaha menguak jejak kedekatan dua negara Yordania - Israel. (ist)

KOREA SELATAN – Gara-gara memasang karikatur Nabi Muhammad dalam salah satu episode,  program ‘Those Who Cross the Line’ MBC mendapat kecaman dari Muslim di seluruh dunia. Bukan hanya itu, mereka juga dikritik karena memasang bendera Israel pada Kubah Shakhrah (Dome of the Rock).

Banyaknya kecaman dan hujatan yang datang, pihak MBC akhirnya merilis permohonan maafnya.

“Ini adalah tim produksi ‘Those Who Cross the Line’ MBC. Beberapa foto pada episode spesial Yordania-Israel, yang dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman soal berbagai agama, ternyata tidak layak untuk ditayangkan,” tulis mereka dalam pernyataan tersebut seperti dilansir Allkpop.

“Kami mendapat banyak komentar soal penggunaan gambar Nabi Muhammad dan pemasangan bendera pada Dome of the Rock. Kami memohon maaf yang sedalam-dalamnya kepada umat Muslim dan penonton lain,” ujar mereka.

Mereka pun menjelaskan maksud dibuatnya episode tersebut. “ ‘Those Who Cross the Line’ ditayangkan untuk melihat sejarah dan budaya dari dua negara yang berdekatan dengan sudut pandang yang tidak memihak. Setelah episode AS-Meksiko dan episode Perancis-Jerman, kami berharap dapat mendekati sejarah dan budaya kedua negara tanpa prasangka dalam episode Yordania-Israel,” jelas mereka.

Mereka pun berjanji akan lebih berhati-hati dalam membuat tayangan, agar tidaka da ketersinggungan berkaitan dengan SARA. (mb)