Tuesday, 23 October 2018

Sandi Akui Pembangunan LRT Adalah Pencapaian Luar Biasa

Kamis, 14 Juni 2018 — 17:31 WIB
Sandiaga Salahudin Uno meninjau pembangunan proyek Light Rail Transit

Sandiaga Salahudin Uno meninjau pembangunan proyek Light Rail Transit

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno meninjau pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) di Dropped Pinner Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (14/6/2018).

Peninjauan tersebut untuk memastikan kesiapan LRT sebelum dilakukan sertifikasi oleh Kementerian Perhubungan satu minggu setelah Lebaran. Rencananya, LRT siap dioperasikan pada Agustus 2018 mendatang saat Asian Games.

“Saya merasa ini adalah capaian yang luar biasa dalam 20 bulan LRT Jakarta dibesut oleh Jakpro dan kerjasama bisa menghadirkan infrastruktur kelas dunia menyambut Asian Games,” kata Sandiaga usai menjajal transportasi berbasis rel tersebut.

Selain mampu membuka ribuan lapangan kerja baru, LRT juga digadang-gadang akan menjadi jawaban masalah kemacetan yang selama ini menjadi momok warga Ibukota.

“Bahwa bulan Agustus ini akan dioperasikan dan Insya Allah setelah lebaran satu minggu tim dari Dishub akan melakukan sertifikasi. setelah sertifikasi kita akan mulai bisa mengangkut penumpang dalam uji coba dan Juni Juli ini kita akan rampungkan agar Agustus bisa secara full dioperasikan,” kata Sandiaga.

Agar bisa menarik minat masyarakat untuk menggunakan jasa angkutan massal ini, saat awal dioperasikan tidak akan dikenakan tarif bagi penumpangnya.

“Kita lagi menghitung memastikan bahwa awareness dari masyarakat, tingkat kepengetahuan masyarakat terhadap fasilitas infrastruktur publik kelas dunia ini ada, jadi mungkin kita akan dorong selama Asian Games ini kita bebaskan dulu (gratis) untuk membangun animo masyarakat tapi nanti akan dihitung keekonomiannya,” kata Sandiaga. (Yendhi/b)