Tuesday, 19 June 2018

Sandi Tuding Penghasilan “Manusia Gerobak” Rp 15 Juta Seminggu

Kamis, 14 Juni 2018 — 22:22 WIB
Sandi imbau warga tidak memberikan sedekah kepada pengemis

Sandi imbau warga tidak memberikan sedekah kepada pengemis

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno menyebutkan manusia gerobak yang menggeruduk wilayah DKI Jakarta saat musim Lebaran 2018 penghasilan dari mengemis bisa mencapai Rp 15 juta seminggu.

Hal itu dikatakan Sandiaga saat mengakhiri Safari Ramadhan di kawasan Lippo Mall, Puri Indah, Puri Kembangan, Jakarta Barat. Di tempat ini Sandiaga juga bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Di lokasi ini, Sandiaga tiba lebih dulu daripada Anies Baswedan. Keduanya nampak kompak melantunkan takbir diiringi dengan pukulan bedug dan letusan kembang api menambah meriah suasana malam takbir.

Dalam sambutannya, Sandi kembali mengingatkan warga agar melakukan kewajiban untuk membayar zakat setelah 30 hari memenangkan melawan hawa nafsu.

“Ingat bayar zakat. Dan insyaallah melalui Bazis DKI kita akan salurkan lagi. Karena kemiskinan masih di sekeliling kita ” kata Sandiaga dari atas panggung, Kamis (14/6/2018).

Sandiaga ingatkan agar zakat tidak diberikan kepada ‘manusia gerobak’ atau pengemis musiman yang selalu datang ketika musim lebaran tiba.

Menurutnya, manusia gerobak dan pengemis musiman adalah orang yang mampu hanya memanfaatkan suasana Lebaran untuk memperoleh uluran tangan dari masyarakat. Dengan memberi bantuan kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) ini maka mendukung kegiatan mengemis.

Sandiaga tidak melarang warga untuk berderma kepada sesama, hanya saja lebih baik disalurkan kepada instansi pemerintah agar bantuan lebih tepat sasaran.

“Jangan kasih kepada manusia gerobak atau pengemis musiman. Karena data dari Kemensos, pengemis musiman dan manusia gerobak yang kita kasih itu selama seminggu itu dapet Rp 15 juta. Jadi lebih baik disalurkan melalui Bazis. Kita kasihkan juga melalui pak Kiai. Itu nanti insya Allah afdol,” tandas Sandiaga.

Turut hadir dalam acara Safari Ramadhan kali ini Walikota Jakarta Barat Anas Efdendi, Ketua MUI Jakarta Barat KH. Munahar Muchtar, Kapolsek Kembangan Kompol Supriadi, Kepala Biro Pendidikan Mental dan Speritual (Dikmental) Hendra Hidayat, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansah. (Yendhi/b)