Tuesday, 23 October 2018

Bungkam Kritik, Rusia Hancurkan Arab Saudi 5-0

Jumat, 15 Juni 2018 — 0:16 WIB
Cheryshev pencetak dua gol untuk Rusia (reuters)

Cheryshev pencetak dua gol untuk Rusia (reuters)

RUSIA- Setelah dilakukan pembukaan dengan meriah, Piala Dunia Rusia diawali laga perdana antara tuan rumah melawan Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Moskowa, Kamis (14/6/2018) malam WIB.

Rusia tampaknya terlalu tangguh bagi Arab Saudi. Wakil dari Asia itu dibuat tidak berkutik dengan lima gol yang dicetak oleh Gazinskiy menit ke-12, gol Cheryshev menit ke-43 dan gol Dzyuba pada menit ke-71 serta gol kedua, Denis Cheryshev pada masa injury time babak kedua lalu gol pamungkas yang dicetak oleh Golovin juga masa injury time babak kedua

Pada laga yang ditonton langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden FIFA Gianni Infantino, dan Pangeran dari Arab Saudi, sebetulnya dari penguasaan bola lebih didominasi oleh Arab Saudi. Data yang ada Arab Saudi menguasai 61 persen hanya saja penyelesaian akhir membuat mereka kedodoran.

Gol cepat Rusia pada menit ke-12 membuat Arab Saudi keteteran. Gol tersebut terjadi ketika Gazinskiy berhasil menyambut umpan silang dari Golovin melalui tandukan kencang. Bola meluncur deras ke pojok kiri gawang tanpa bisa dihalau oleh Al Maiouf.
Sebetulnya Arab Saudi langsung memberikan perlawanan atas gol tersebut.Al Sahlawi coba menyambut crossing rekan setimya di tiang dekat, namun ia kalah cepat dari Ignashevich, yang lebih dulu menghalau bola.

Rusia yang sepertinya menikmati pertandingan dengan dukungan puluhan ribu penonton lalu menambah gol pada menit ke-43. Cheryshev berhasil mengecoh dua bek Arab Saudi, sang winger langsung melepaskan tembakan kaki kiri dari sudut sempit. Rusia unggul 2-0 hingga babak pertama usai,

Memasuki babak kedua, Rusia kembali menekan Arab Saudi dari sayap kiri. Cheryshev menyuplai umpan silang ke tiang dekat, namun bola masih bisa ditangkap oleh Al Maiouf.

Gol ketiga akhirnya tercipta untuk tuan rumah menit ke-71., Dzyuba yang baru masuk ke lapangan langsung memberikan kontribusi kongkret. Sang striker sukses meneruskan umpan silang dari Golovin melalui tandukan kencang. Bola meluncur deras ke pojok kanan gawang.

Sepertinya Rusia akan menutup laga 3-0. Namun memasuki perpanjang waktu mereka justru mampu menambah gol. Cheryshev mencetak gol keduanya setelah tembakan half volley-nya meluncur deras ke pojok kanan gawang.

Rusia makin menggila. Pada waktu laga akan berakhir, Rusia kembali mencetak gol kelimanya. Golovin yang mengambil tendangan bebas melakukannya dengan ciamik. Bola ia angkat melewati pagar hidup dan bersarang di pojok kanan gawang.

Rusia menghancurkan Arab Saudi 5-0. Ketika laga mau dilanjutkan wasit langsung meniup pluit. Ini tentu laga perdana Piala Dunia dengan gol terbanyak.  Kemenangan ini juga sebagai bukti Rusia tidak bisa dianggap remeh meski selama perisapan Piala Dunia sering dikritik oleh pengamat sepak  bola .(b)