Tuesday, 20 November 2018

Gereja Kathedral Dibuka untuk Parkir Jamaah Salat Idul Fitri di Istiqlal

Jumat, 15 Juni 2018 — 7:21 WIB
Motor parkir di depan Gereja Kathedral

Motor parkir di depan Gereja Kathedral

JAKARTA – Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat masih menjadi favorit bagi umat muslim untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri yang jatuh pada hari Jumat 15 Juni 2018. Tidak hanya warga Jakarta, jamaah dari berbagai wilayah di Indonesia juga terlihat ikut meramaikan salat Ied di Masjid terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Dari pantauan poskotanews.com, beberapa warga memilih datang dengan berjalan kaki atau naik transportasi umum. Namun, tidak sedikit yang menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

Beberapa ruas jalan disekitar Masjid Istiqlal menjadi sasaran untuk dijadikan lokasi parkir kendaraan termasuk di trotoar. Di Jalan Katedral misalnya, ruas jalan ini hanya menyisakan dua lajur untuk dilewati kendaraan, sementara ruas lainnya untuk parkir kendaraan.

Demi menampung jumlah kendaraan yang terus bertambah, pengelola Gereja Katedral membuka gerbang agar halaman gereja bisa digunakan umat muslim untuk memarkir kendaraan.

Dibantu warga, petugas kepolisian nampak sabar mengarahan warga yang hendak memarkir kendaraan agar menggunakan halaman Gereja Katedral sebagai tempat parkir.

“Motor, motor parkir di dalam. Ambil kanan motor,” kata satu anggota Polisi yang berjaga di depan Gereja Katedral, Jumat (15/6/2018).

Setidaknya sudah ada ratusan motor yang berjajar rapi di halaman Gereja Katedral, petugas parkir pun mengatur satu persatu kendaraan yang masuk agar menggunakan tempat yang kosong terlebih dahulu. Namun, dihalaman Gereja Katedral hanya digunakan untuk parkir roda dua.

Sementara di tempat parkir Masjid Istiqlal juga terlihat sudah dipenuhi oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Hingga pukul 06.35 WIB, jamaah Masjid Istiqlal masih terus berdatangan, antrian panjang juga terjadi di pintu masuk masjid. Jamaah diwajibkan melewati pintu metal detector untuk pemeriksaan badan dan barang. (Yendhi/b)