Thursday, 15 November 2018

Ikuti Salat Idul Fitri Belasan Ribu Warga Memadati Masjid Istiqlal

Jumat, 15 Juni 2018 — 6:03 WIB
salaiideisitiqlal

JAKARTA – Menjelang pelaksanaan Shalat Idul Fitri atau Shalat Ied, Masjid Istiqlal sudah mulai dipenuhi oleh jamaah dari berbagai wilayah di Jakarta, Jumat (15/6/2018) pagi.

Masyarakat mulai berdatangan di Masjid terbesar di Jakarta ini sejak menjelang ibadah shalat Subuh. Mereka memilih datang lebih awal karena takut tidak kebagian tempat didalam masjid.

Dengan berbagai model pakaian dan pernak-pernik untuk shalat seperti peci, sarung, dan sajadah bagi kaum lelaki, serta mukena bagi kaum wanita nampak jamaah berbondong-bondong menuju halaman Masjid Istiqlal.

Salah satunya Joni (54), pria asal yang tinggal di kawasan Jatinegara ini memilih datang lebih awal untuk mendapatkan tempat terbaiknya di Masjid Istiqlal.

“Setiap tahun saya shalat Ied disini (Masjid Istiqlal),” kata dia kepada poskotanews.com dihalaman Masjid Istiqlal.

Joni mengaku selalu pulang ke kampung halaman di Lampung setelah bersilaturahmi dengan sanak keluarga di Jakarta. Tahun ini, dia akan berangkat mudik ke Lampung bersama anak, cucu dan bibinya. Istri Joni sendiri tinggal di Lampung.

“Pulang nanti malam. Hindari macet aja, saya gak kuat dijalan kalau macet. Kita kan bawa anak cucu,” tutur dia ramah.

“Biasa dia mudik menggunakan mobil yang dia sewa dari tempat rental mobil didekat kediamannya. “Sehari Rp500 ribu itu belum bensin, biaya nyebrang, sopir sendiri. Ongkos nyebrang Rp400 ribu dari Pelabuhan Merak,” kata dia menyambung pembicaraan.

Joni datang ke Masjid Istiqlal seorang diri menggunakan transportasi bajaj dari Jatinegara. Masjid Istiqlal menjadi pilihannya karena menurutnya agar lebih afdol.

Dari pantauan, hingga pukul 05.48 WIB ribuan masyarakat terus memadati Masjid Istiqlal. Bahkan antrian panjang nampak didepan pintu Masjid Istiqlal. Anggota TNI dan Kepolisian nampak mengatur arus lalu lintas dan berjaga di setiap sudut Masjid Istiqlal. (Yendhi/b)