Wednesday, 19 September 2018

Libur Lebaran, Tempat Penitipan Hewan di Depok Meraub Untung

Jumat, 15 Juni 2018 — 7:59 WIB
Salah satu penjaga hewan peliharaan milik warga di Kota Depok yang mendapatkan order penginapan selama libur Lebaran. (anton)

Salah satu penjaga hewan peliharaan milik warga di Kota Depok yang mendapatkan order penginapan selama libur Lebaran. (anton)

DEPOK – Sejumlah tempat penitipan hewan peliharaan di Kota Depok banyak dikunjungi warga yang ingin mudik Lebaran. Pasalnya, mereka ingin menitipkan sejumlah hewan peliharaannyabeberapa hari karena pergi mudik Lebaran ke kampung halaman.

“Alhamdulillah… Sejak dua hari lalu memang sudah banyak yang order dan menanyakan berapa sewa menginap hewan peliharaan per hari dari para warga Kota Depok yang memiliki hewan peliharaan,” kata Lukman, penjaga Petshop di Jalan Raya Margonda Kota Depok, Kamis (14/6/2018).

Biaya menginap hewan peliharaan milik warga untuk hari biasanya bervariasi mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu per hari tapi kalau untuk hari libur seperti Lebaran ada kenaikkan sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu/hari. Kebanyakan pemilik hewan peliharaan tidak keberatan asalkan hewan peliharaannnya terjaga dan dirawat dengan baik.

Menurut dia, pihaknya tidak menaikkan tarif terlalu besar saat libur Lebaran dan itu juga sudah dilakukan lebaran tahun lalu. “Sehingga konsumen yang menitipkan hewannya sudah hafal atau tahu betul pelayanan di tempat kami,” imbuhnya yang mengaku sebagian besar pelanggan kebanyakan menitipkan hewan kuncing, anjing, burung, kelinci dan lainnya

Harga menginap hewan peliharaan tentunya juga berbeda untuk anjing kecil sekitar Rp 55 ribu/hari dan anjing ukuran besar Rp 65 ribu hingga Rp 75 ribu/hari belum termasuk makanan hewan tersebut karena makanan bisa dibawa dari pemilik hewan maupun membeli ditempat penitipan disini, katanya.

HARGA INAP TIDAK MASALAH

Hal senada dikatakan, Nanang, penjaga Redz Petshop, yang mengaku di tempatnya sudah ada sekitar 10 ekor kucing milik pelanggan yang dititipkan karena pemilik mudik Lebaran ke kampung halaman.

“Jangka waktu penitipan memang bervariasi mulai dari seminggu, sepuluh hari hingga dua minggu,” tuturnya yang mengaku sudah ada sekitar 20 ekor hewan peliharaan yang dititipkan di tempatnya.

Tarif menginap di tempatnya, tambah dia, untuk ukuran hewan kecil Rp 40 ribu/hari atau naik Rp 5 ribu/hari dibandingkan hari biasa yang hanya Rp 35 ribu/hari. Untuk anjing tentunya berbeda harga menginap sebesar Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu/hari tergantung besar atau kecilnya hewan yang dititipkan. “Ini belum termasuk makanan setiap hari,” tuturnya.

Ny. Ridwan, warga Depok Lama, mengaku tidak masalah ada kenaikan harga dari hari biasa di tempat penitipan hewan asalkan hewan peliharaannya yaitu tiga ekor kucing jenis Anggora dijaga dan dirawat selama dirinya bersama keluarga berlibur mudik lebara kekampung halaman di Makasar.

“Ngak masalah naik asalkan dijaga dan dirawat apalagi tempat menitipkan hewan ini sudah langganan setiap bulan sekali,” ujarnya hewan tersebut merupakan pemberian kawannya dua tahun lalu. (anton/b)