Monday, 16 July 2018

Guru Dipecat karena Berpose dengan Baju Renang di Instagram

Sabtu, 16 Juni 2018 — 9:49 WIB
Viktoria Popova melakukan beberapa sesi pemotretan untuk bajut ukuran plus di samping mengajar

Viktoria Popova melakukan beberapa sesi pemotretan untuk bajut ukuran plus di samping mengajar

RUSIA- Pengguna media sosial di Rusia kompak mendukung seorang guru yang kehilangan pekerjaannya setelah foto-fotonya yang memakai pakaian dalam dan pakaian renang muncul di media sosial

Viktoria Popova, 26, dipecat oleh Sekolah Nomor 7 di Omsk karena “membawa sekolah dan profesinya ke dalam keterpurukan”, menurut Siberian Times.

Keputusan untuk memecatnya dibuat setelah foto-fotonya berpose menggunakan baju renang diunggah di Instagram. Kini foto-foto itu sudah dihapus.
Setidaknya lebih dari 3.000 orang kini berbagi foto diri mereka mengenakan pakaian renang untuk memprotes keputusan itu dan mengunggahnya menggunakan hashtag “guru juga manusia”.
“Kapan kegilaan akan berhenti?”

Sebagian besar reaksi online itu positif, dengan satu orang menyebut pemecatan guru sebagai “contoh memalukan dari kemunafikan, kebodohan dan ketololan”.

Dia menambahkan: “Kami adalah guru, tetapi kami juga manusia, oleh karena itu kami memiliki hak untuk terlihat berbeda di luar sekolah dan di media sosial kami.”
Satu orang memandang itu keputusan itu sebagai “benar-benar gila”, sementara yang lain mengenang saat ketika “tidak ada keharusan untuk melindungi diri sendiri karena alasan bodoh” dan mengkritik sekolah karena memecat sang guru.
Seorang pengguna Instagram ufaeva_ufa mengatakan dia “ingin mendukung rekan Omsk saya” dan bertanya “kapan kegilaan akan berhenti di negara kita”?
‘Ini bukan norma’

Reaksi ini dikritik oleh beberapa pihak di media sosial, termasuk @ohmybroochh yang menulis “itu hanya alasan untuk menunjukkan diri anda dalam pakaian renang”.

Yang lain setuju dengan pandangannya dan mencela para wanita karena memilih “telanjang” ketimbang langsung menghubungi orang-orang yang terlibat dalam pemecatan Popova.

Orang lain, yang juga mengaku sebagai guru, memberi kritikan tajam pada Popova, menulis: “Ini bukan norma. Guru adalah manusia juga, tetapi manusia ini adalah pendidik.”

“Ya, ada lingkup kehidupan pribadi. Pribadi! Apakah anda ingin para guru minum di belakang sekolah, mengisap ganja dan memukul anak-anak SMA? Mengapa tidak? Mereka juga manusia.”

Guru atau model?

Setelah foto baju renang menyebar secara online, pemerintah daerah Omsk mengumumkan bahwa Popova dapat kembali ke pekerjaan lamanya, dan menyatakan: “Pertanyaan tentang pekerjaan Viktoria di masa depan telah diputuskan: dia mungkin memutuskan untuk bekerja sebagai guru di sekolah ini atau di sekolah lain.”

Namun, dia mungkin harus mempertimbangkan pilihannya sebelum mengambil tawaran itu, karena dia juga sedang ditawari pekerjaan di tempat lain.

Agen model Rusia lainnya, Plus Size Omsk, sudah menawarkan “Viktoria yang cantik” untuk bergabung dengan mereka pada bulan Juli.(BBC)