Friday, 16 November 2018

Kapal Perdana Arus Balik Angkut 1.006 Penumpang dari Tanjung Emas

Senin, 18 Juni 2018 — 21:31 WIB
km dobosol

JAKARTA – Sebanyak 1.006 orang pemudik dan 407 unit sepeda motor diberangkatkan pertama kalinya arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, menggunakan kapal KM. Dobonsolo pada Senin sore pukul 16:00  (18/6).

“Ini merupakan keberangkatan  yang pertama kalinya mudik ratis sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik dari Semarang – Jakarta,” kata Kepala Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas, Ahmad Wahid saat melepas pelayaran pertama kali arus mudik dermaga Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Kapal KM Dobonsolo merupakan salah satu kapal dari total 16 unit kapal yang disiapkan Kementerian Perhubungan untuk mengangkut pemudik sepeda motor arus balik dari Semarang menuju Jakarta secara cuma-cuma  gratis dan berhadiah sepeda motor serta puluhan hadiah lainnya.

Adapun jadwal keberangkatan kapal mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok  kata Wahid, yaitu tanggal 18, 19, 20, 21 dan 22 Juni 2018.

“Untuk keberangkatan tanggal 20 dan 22 Juni 2018 tingkat keterisian kuota pendaftar mudik gratis arus balik sepeda motor dengan kapal laut telah mencapai di atas 95 persen,” jelas Wahid.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo mengapresiasi pemudik yang telah mendaftar dan memanfaatkan kapal laut sebagai sarana transportasi untuk kembali ke Jakarta.

“Untuk keselamatan dalam perjalanan arus balik Lebaran 2018, kami mengimbau para pengendara motor untuk memanfaatkan angkutan gratis kapal laut dari PelabuhanTanjung Emas, Semarang, ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta,” ujar Dirjen Agus.

Dirjen Agus menambahkan  pengguna sepeda motor pada masa arus balik Lebaran akan mendapatkan manfaat positif jika ikut program angkutan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

‘Ini  solusi yang lebih baik tanpa perlu merasakan lelah dalam perjalanan arus balik, apalagi pengendara sudah cukup lelah setelah sebelumnya berhari-hari di kampung halamannya berliburan usah bersilaturahmi Lebaran,” jelas Dirjen Agus.

Selain itu bisa menguangi faktor kecelakaan sepeda motor di jalan raya yang dari tahun tahun ke tahun masih di dominasi oleh roda dua.

Dirjen mengungkapkan kecelakaan terjadi salah satunya disebabkan beberapa faktor, di antaranya kelelahan. “Biasanya, pada saat arus balik, semangat dan kegembiraan yang dirasakan pengendara motor sudah berkurang setelah berlebaran di Kampung, demikian juga energi dan perbekalan hingga berpengaruh pada tingkat konsentrasi dan faktor kelelahan hingga beresiko saat mengendarai sepeda motor di jalan,” kata Dirjen Agus.

Dengan angkutan gratis kapal laut, para pemudik sepeda motor yang akan kembali ke Jakarta dapat lebih aman, selamat, tertib, dan nyaman menikmati perjalanan sambil beristirahat. Di kapal juga tersedia hadiah berupa TV, Handphone, voucer belanja dan lain sebagainya.

Data posko Angkutan Laut Lebaran 2018, hingga H+2 Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018, kuota mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut telah mencapai di atas 75 persen untuk arus balik.

Pada tahun ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyediakan 16 unit kapal yang melayani mudik gratis sepeda moto diantaranya kapal KM. Dobonsolo, 10 unit kapal Perintis Sabuk Nusantara tipe GT 2000 dan GT 1200 serta 5 unit kapal pengangkut sepeda motor dengan total kapasitas sebanyak 7600 unit sepeda motor. (dwi/win)