Monday, 16 July 2018

Larangan Ganja untuk Pengobatan, ‘Ganjil dan Kejam’

Senin, 18 Juni 2018 — 16:20 WIB
Billy Caldwell adalah bocah 12 tahun penderita epilepsi yang mengunakan minyak ganja sebagai obat.

Billy Caldwell adalah bocah 12 tahun penderita epilepsi yang mengunakan minyak ganja sebagai obat.

INGGRIS– Seorang anggota parlemen senior Inggris yang memimpin kelompok lintas partai yang mengkaji pengobatan dengan ganja menyebut hukum yang ada tentang ganja untuk pengobatran sebagai “ganjil dan kejam”.

“Ganja medis adalah masalah kesehatan, bukan masalah penyalahgunaan narkoba,” kata Sir Mike Penning dalam sebuah pernyataan. “(Pengobatan dengan ganja) ini adalah tentang (nasib) pasien dan upaya meringankan penderitaan.”

Pengkajian ini dilakukan menyusul keputusan Menteri Dalam Negeri Inggris untuk memberikan akses sementara kepada Billy Caldwell, yang berusia 12 tahun, untuk menggunakan minyak ganja bagi mengobati epilepsinya.

Sir Mike Penning yang memimpin pengkajian tentang Medical Cannabis Under Prescription (ganja sebagai obat dengan resep), menyerukan dilakukannya “reformasi mendasar” untuk sistem hukum ini.

“Merupakan hal yang ganjil dan kejam bahwa kita memiliki sistem yang memungkinkan penggunaan medis opiat (inti opium) yang kuat, tetapi melarang penggunaan medis dari ganja,” katanya.

“Kita perlu mengalihkan (penggunaan ganja untuk pengobatan) ini dari peradilan pidana ke kesehatan.”

Dia mengatakan mendukung perubahan penggolongan kanabis secara hukum untuk dianggap memiliki khasiat pengobatan.

Senin lalu, petugas polisi di Bandara Heathrow, London, menyita minyak ganja yang dibawa Charlotte Caldwell untuk mengobati kejang akibat epilepsi parah yang diderita anaknya, Billy Caldwell.

billu-ganja

Charlotte Caldwell membawa minyak ganja itu dari Kanada.

Menurutnya, kejang-kejang yang diderita putranya berkurang secara dramatis jika dia menggunakan minyak ganja yang mengandung zat yang disebut Tetrahydrocannabinol (THC). Masalahnya minyak itu dianggap ilegal di Inggris.

Menyusul penyitaan minyak itu di Heathrow, Billy kemudian perlu dirawat di rumah sakit di London karena kejang-kejangnya ‘meningkat’.

Hal ini mendorong Menteri Dalam Negeri, Sajid Javid, menyetujui pengembalian sebagian minyak ganja Caldwell, setelah dokter menjelaskan bahwa Billy mengalami keadaan darurat medis.

Kementerian Dalam Negeri lalu memberikan lisensi terbatas untuk ganja sebagai obat yang akan diberikan kepada anak itu di rumah sakit selama 20 hari.

Kasus Billy telah mendorong perdebatan baru tentang undang-undang mengenai ganja medis.

Sir Mike mengatakan banyak keluarga membutuhkan akses “mendesak” terhadap ganja medis. Menurutnya penggunaan ganja untuk pengobatan “sebenuhnya terpisah dari penggunaan rekreasi”.

Apakah ganja memiliki manfaat kesehatan?

CBD dan Tetrahydrocannabinol (THC) adalah dua jenis cannabinoid yang ditemukan secara alami dalam resin tanaman ganja.

Obat berbahan kanabis yang disebut Sativex -mengandung THC dan CBD- telah dilisensikan di Inggris untuk mengobati MS (multiple sclerosis).

Secara teori dokter dapat menulis resep untuk hal-hal lain di luar kepentingan ini, tetapi dengan risikonya ditanggung sendiri.
Namun pasien penderita MS yang mendapat Sativex dengan resep dokter dan memberikannya kepada orang lain, akan terancam tuntutan pidana.

Ada pula Nabilone, yang mengandung versi buatan dari THC dan dapat diberikan kepada pasien kanker untuk membantu meredakan mual selama kemoterapi.

Sir Mike Pennings adalah salah satu dari semakin banyak anggota parlemen dari berbagai partai yang mendukung reformasi undang-undang tentang produk dari ganja dan penggunaan obat dari ganja.

Anggota Parlemen dari Partai Konservatif yang memerintah saat ini, Crispin Blunt, mengatakan undang-undang yang ada “benar-benar tidak masuk akal”.

Mantan Menteri Kesehatan Dan Poulter mengatakan situasi saat ini “konyol” dan berjanji untuk mendorong perubahan hukumnya.

Politikus dari Partai Liberal Demokrat, Norman Baker, menyebut kasus penyitaan minyak ganja di Weathrow itu hal yang “kejam dan tidak manusiawi.” (BBC)