Sunday, 23 September 2018

Wakapolri Klaim Musim Mudik Lebaran Tahun Ini Lebih Baik

Senin, 18 Juni 2018 — 17:43 WIB
syafruddin

MERAK  – Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Komjen Pol Syafruddin bersama rombongan mengunjungi Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon, Senin (18/6/2018).

Kunjungan Jenderal bintang 3 ini untuk memantau para personil keamanan serta kesiapan pengelola Pelabuhan Merak dalam mengantisipasi puncak arus balik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah. Puncak arus balik di Pelabuhan Merak diprediksi akan terjadi Selasa dan Rabu besok.

Kedatangan Komjen Pol Syafruddin disambut Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Pimpinan ASDP Merak serta para pejabat utama Polda Banten.

Wakapolri mengatakan data yang diterima Mabes Polri musim mudik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah berjalan sangat baik dan kondusif, tidak ada kejadian yang menonjol.

Secara aspek kualitas, ada penurunan angka kecelakaan sebesar 30 persen, serta penurunan penggunaan migas sebesar 60 persen. Hal ini terjadi karena infrastruktur jalan, khususnya di Pulau Jawa, sudah baik.

“Dari aspek kualitas, infrastruktur jalan yang sudah baik saat ini dapat menurunkan penggunaan migas serta penurunan angka kecelakaan lalu lintas,” ungkap Syafruddin kepada wartawan di kantor PT ASDP Merak.

Menanggapi arus balik lebaran ini, Syafruddin mengatakan musim mudik lebaran Idul Fitri 2018, lebih baik dari sebelumnya. Wakapolri menjelaskan Pelabuhan Bakauheni, Lampung, akan menjadi titik puncak  arus balik ke Pulau Jawa. Oleh karenanya, Wakapolri meminta kelancaran dan konduvifitas selama arus mudik juga dapat dilakukan masyarakat pada arus balik.

“Jadi untuk arus balik adanya di Pelabuhan Bakauheni, kalau di Pelabuhan Merak hanya mengalir, teorinya seperti itu. Jadi untuk arus balik, saya berharap masyarakat mekakukan seperti apa yang dilakukan arus mudik,” kata Syafruddin. (haryono/win)