Tuesday, 25 September 2018

Ayoo Rasakan Sensasi Pemandian Air Panas Batu Kuwung

Selasa, 19 Juni 2018 — 7:31 WIB
airpanas

SERANG – Provinsi Banten mempunyai banyak wisata alam. Mulai dari pemandian, pantai, gunung hingga situs bersejarah. Ketimbang berlibur ke Pantai Anyer terjebak kemacetan, wisatawan bisa menikmati pemandian air panas Batu Kuwung.

Aset Pemkab Serang ini berlokasi di Jalan Raya Palima – Cinangka (Palka) KM 57, Desa Batukuwung, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

Meski tak sepopuler Pantai Anyer, pemandian air panas Batu Kuwung sudah dikenal lama masyarakat. Sumber air panas pegunungan ini bahkan dipercaya lebih hebat dari air panas di Ciater, Jawa Barat karena dipercaya bisa membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Pemandian air panas ini kerap ramai dikunjungi wisatawan baik saat libur Lebaran maupun hari libur lainnya. Wisatawan bisa menikmati sensasi panasnya air panas dari sumber mata air di bawah kaki Gunung Karang. Suhu air sekitar 70-80 derajat.

Air panas di tempat ini konon memiliki khasiat menyembuhkan penyakit rematik, pegal linu, sering kesemutan dan beberapa penyakit lainnya. Pada umumnya, air panas alami mengandung belerang. Namun air panas di pemandian ini mengandung iodium. Jadi tidak berbau.

Ada dua pilihan untuk berendam. Pertama, di kolam terbuka dan bersama-sama pengunjung lain dan fasilitas pribadi di dalam kamar-kamar yang sudah disediakan. Di sini juga tersedia dua kolam renang air dingin untuk dewasa dan anak-anak.

Winda, salah satu pengunjung dari Kota Serang mengaku sengaja datang membawa keluarga untuk menikmati air panas di tempat tersebut. “Iya sengaja ke sini pingin rasain air panasnya. Cukup lumayan buat ngilangin pegel-pegel di kaki,” kata ibu rumah tangga ini, Senin (18/6/2018).

Madubi, pengunjung lain juga mengaku sengaja mengajak anggota keluarga untuk mandi di Batukuwung. “Kalau di sini nggak jauh dari rumah dan karcisnya lumayan murah,” ujar warga Sempu, Kota Serang ini.

Cukup dengan membayar karcis masuk sebesar Rp15.000 per orang, ia bersama keluarga sudah dapat menikmati fasilitas berendam air panas dan kolam renang umum. Jika pengunjung ingin menggunakan fasilitas seperti saung di dalam area kolam, bisa menyewa dengan harga sewa Rp15.000. (haryono/b)