Tuesday, 13 November 2018

H+3 Lebaran, Penumpang Arus Balik di Terminal Lebak Bulus Masih Sepi

Selasa, 19 Juni 2018 — 15:50 WIB
Situasi terminal Lebak Bulus yang sepi.  (wandi)

Situasi terminal Lebak Bulus yang sepi. (wandi)

JAKARTA – Lebaran H+3 di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, masih terlihat sepi. Tercatat mulai pukul 00.00 hingga 14.00 hanya sebanyak 285 penumpang arus balik. Kebanyakan penumpang pulang mudik atau pun datang dari daerah-daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kepala Terminal,  Lebak Bulus, Suprihartono mengakui H+3 terminal kedatangan Lebak Bulus masih tergolong sepi. Bahkan antara warga yang balik dan mudik selisih hampir 100 persen.

(BacaTinjau Bandara Soetta, Wakapolri : Jangan Sampai Arus Balik Tidak Bagus)

“H+3 Terminal Lebak Bulus masih tergolong sepi baru ada sekitar 285 penumpang datang diangkut dengan 24 bus. Sedangkan untuk arus mudik tercatat ada sebanyak 132 orang dan diangkut dengan 24 bus,” kata Suprihartono, Selasa (19/6/2018).

(BacaBantu Pemudik, Dibangun Posko di Terminal Lebak Bulus)

Ia mengungkapkan, arus balik dan mudik di terminal ini seluruhnya bertujuan atau pun datang dari Pulau Jawa, seperti Semarang, Solo,  Kuningan dan wilayah lainnya. Meski hingga saat ini arus balik masih tergolong sepi pihaknya tetap standby antisipasi lonjakan arus balik.

Sebab dengan liburan yang cukup panjang ini pihaknya belum bisa memastikan lonjakan arus balik. “Makanya seluruh personil kami siagakan antisipasi lonjakan arus balik,” imbuhnya.

(BacaMenhub: Puncak Arus Balik 19-20 Juni, Tol Macet Lebih 3 Km Digratiskan)

Sementara itu, Dian (33), seorang penumpang mengaku meski liburan masih panjang dirinya bersama keluarga balik lebih awal. Ini dilakukan agar bisa istirahat di rumah.

“Sengaja saya balik dari kampung lebih awal agar bisa istirahat di rumah. Sebab kalau kelamaan di kampung nanti jadi malas baliknya,” kata warga Sidoarjo, Jawa Timur ini.

(BacaPenumpang Arus Balik Mulai Berdatangan di Terminal Kalideres)

Hal senada juga disampaikan oleh Larto (43), warga Jebres, Jawa Tengah. Dia mengaku pilih balik sekarang karena dirinya sudah dua pekan di kampung halaman.

“Sudah puas banget di kampung hampir dua minggu di sana. Makanya balik sekarang,” kata Larto. (wandi/ys)