Friday, 16 November 2018

Imbang di Babak Pertama, Panama Akhirnya Keok 0-3 dari Belgia

Selasa, 19 Juni 2018 — 0:12 WIB
Romelu Lukaku rayakan gol ke gawang Panama (reuters)

Romelu Lukaku rayakan gol ke gawang Panama (reuters)

RUSIA- Setelah mampu menahan imbang tanpa gol pada babak pertama, akhirnya Panama tidak mampu membendung serbuan Belgia sehingga kemudian kalah 0-3 dalam laga penyisihan Grup G Piala Dunia Rusia.

Pada laga yang dilehat di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Sochi, Russia Senin (18/6/2018) malam WIB, Romelu Lukaku tampil jadi pahlawan Belgia dengan dua golnya pada menit ke-69 dan menit ke-75. Satu lagi gol Belgia dicetak oleh Martens menit ke-47.

Kemenangan ini tentu jadi modal positif buat Belgia yang memang diunggulkan juara dunia kali ini. Pada grup ini ada juga Inggris dan Tunisia. Tentu Belgia tidak boleh menganggap remeh kedua tim ini pada laga berikutnya.

Sebetulnya pada babak pertama, Panama yang baru pertama kali tampil di Piala Dunia sempat menjanjikan. Meski mereka terus ditekan, namun masih mampu menjaga gawang mereka tidak kebobolan.

Panama memang kalah segalanya dari Belgia. Kekuatan terbesar mereka justru terletak pada sang pelatih, Hernan Gomez, yang punya pengalaman melatih di Piala Dunia, dengan menukangi Kolombia dan Ekuador pada 1998 dan 2002.

Justru pada babak pertama Belgia tampak kagok. Mereka seolah tidak padu. Eden Hazard yang jadi kapten tim sering sendirian bekerja dari sisi kiri.

Memang pada menit ke-21, De Bruyne sempat memberikan ancaman dengan umpan magisnya. Merebut bola dari penggawa Panama di sepertiga akhir pertahanan lawan, pemain klub Manchester City itu melepaskan umpan silang mendatar yang mengarah kepada Lukaku. Namun Torres berada di tempat tepat untuk membelokkan bola keluar.

Pada menit ke-40 lagi-lagi De Bruyne bekerja sama dengan Mertens mampu membuka ruang bagi Lukaku. Tetapi Lukaku lagi-lagi gagal meraih umpan karena kiper Panama, Penedo mendahuluinya memotong bola. Babak pertama berakhir 0-0. Tentu ini prestasi tersendiri bagi Panama.

Memasuki babak kedua, Belgia kembali menekan Panama. Baru dua menit laga berlangsung akhirnya Belgia yang bertabur bintang ini mampu memecah kebuntuan. Sepakan voli Mertens memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti, mampu menembus gawang Penedo yang telah mati langkah!

Rupanya gol pembuka itu menambah semangat pemain Belgia. Menit ke-69 giliran Lukaku yang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari umpan cantik De Bruyne mampu dituntaskan dengan sempurna oleh Lukaku lewat sundulannya. VAR mengkonfirmasi bahwa penyerang klub Manchester United tersebut terlepas dari jebakan offiside saat mengarahkan bola ke gawang.

Unggul 2-0, Belgia terus menekan. Sedangkan Panama yang pemainnya sebagian besar sudah tidak lagi muda mulai kedodoran. Gol ketiga akhirnya tinggal menunggu waktu.

Pada menit ke-75 lagi-lagi Lukaku jadi pencetak gol.Lukaku dengan dingin menuntaskan sodoran Hazard untuk menyamai rekor golnya di Piala Dunia 2014.

Memang setelah menang 3-0 tampak Belgia mengurangi tekanan. Hingga wasit meniup pluit panjang kedudukan tetap 3-0. (b)