Saturday, 22 September 2018

Pemudik Naik Motor Memilih Arus Balik Siang Hari

Selasa, 19 Juni 2018 — 17:50 WIB
Motor pemudik masuk Kota Bekasi siang hari

Motor pemudik masuk Kota Bekasi siang hari

BEKASI -Pemudik yang mengendarai sepeda motor, memilih masuk Bekasi, Jawa Barat siang hari, karena kalau malam suasana penerangan jalan minim, terutama di daerah Kabupaten Bekasi. Kalau di Kota Bekasi lampu penerangan jalan umum (PJU) tertutup pohon.

“Sengaja saya pulang siang, karena kalau malam gelap,” ujar Ahmad Saebani, 30, pemudik asal Brebes, Jawa Tengah yang hendak kembali ke Kalideres, Jakarta Barat.

Menurutnya, dia bersama istri dan seorang anaknya berangkat dari Balapulang, Brebes seusai salat subuh dan tiba di Bekasi sekitar pukul 11:00, “Cuma tiga kali istirahat dan lumayan lama berhentinya,” ujar pedagang nasi goreng ini.

Arus balik mudik Lebaran di jalan arteri wilayah Kota Bekasi, pada Selasa (19/06) meningkat, karena banyak pekerja yang akan masuk pada Rabu dan Kamis lusa.

“Saat ini nampak ada peningkatan,” ujar Kompol Mustamal, Wakasat Lantas Polrestro Bekasi Kota, yang memantau di Pos Pam PDAM Bhagasasi, Ahmad Yani.

Menurutnya kondisi lalul-intas akan meningkat pada sejak Senin malam, “Karena ada yang Rabur masuk kerja,” lanjut Mustamal.

Pemandangan serupa dengan tahun lalu, juga terjadi di sepanjang jalan arteri yang menjadi penghubung kota-kota besar di Jawa. Ini terlihat di Jl KH Noer Alie mulai Bekasi Timur hingga Caman, serta dari Tambun hingga arah Terminal Bekasi.

Sejumlah pemudik terlihat membawa oleh-oleh yang diikat di belakang sepeda motornya dengan bambu tambahan dan ada juga yang diikat di besi belakang pembonceng.

Untuk mengamankan jalur arteri Satlantas Polres Metro Bekasi Kota sudah siaga dengan menempatkan 11 pos pengamanan (Pos Pam), dan tiga Pos Pelayanan (Pos Yan) pada jalur mudik Lebaran 2018. Ke 11 Pos Pam tersebut, berlokasi antara lain di perampatan Bulak Kapal, Stasiun kereta api Kranji, depan gerbang tol Bekasi Barat, depan Giant Wisma Asri, Bantargebang, Jatiasih Komsen, Pondokgede, Jatiwaringin, depan Plaza Bluemal dan lainnya.
Sedang ketiga Pos Yan, disediakan di Stasiun Kereta Api Bekasi, Terminal Bus Bekasi, dan di depan PDAM Jalan Hasibuan. (saban)