Friday, 21 September 2018

Penumpang Arus Balik Mulai Berdatangan di Terminal Kalideres

Selasa, 19 Juni 2018 — 12:22 WIB
Penumpang arus balik mulai berdatangan di Terminal Kalideres.(rachmi)

Penumpang arus balik mulai berdatangan di Terminal Kalideres.(rachmi)

JAKARTA –  Menjelang PNS masuk kerja pada Kamis (21/6/2018), ribuan penumpang  arus balik membludak di Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres, Jakarta Barat.

“Saya nggak mau kena sanksi akibat bolos kerja pada Kamis (21/6/2018). Sengaja pulang hari ini supaya bisa istirahat sehingga saat masuk kerja badan fresh,” kata Ismail, pegawai Pemprov DKI Jakarta yang baru tiba dari Klaten, Jawa Tengah di Terminal AKAP Kalideres, Selasa (19/6/2018).

Bapak dua anak ini mengaku mudik ke rumah mertua di Klaten. Sedangkan kedua orangtuanya sudah meninggal dan tinggal beberapa saudaranya di Yogyakarta.

Usai turun dari bus, Ismail bersama istri dan kedua anaknya sejenak beristirahat dan kemudian mencari taksi untuk pulang ke rumahnya di kawasan Cengkareng.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen menjelaskan pada H+5 arus balik di terminal tersebut mencapai 3.152 penumpang dengan diangkut 126 bus. Sedangkan total penumpang pada arus balik berkisar 6.200 penumpang yang diangkut 400an bus.

“Sejak dua hari terakhir arus balik terus melesat. Puncak arus balik diprediksi hari ini hingga Kamis dinihari,” kata Revi.

Sama halnya saat arus mudik, pengelola Terminal AKAP Kalideres diperkuat 150 personil gabungan serta menyiagakan posko terpadu 24 jam.

Selain itu, lanjut Revi, pihaknya juga mengoperasikan angkutan malam hari (Amari) seraya berkoordinasi dengan pengelola angkutan AKAP dan bus Transjakarta. Pengelola bus Transjakarta mengoperasikan angkutan dinihari (Andini) dengan mengerahkan sejumlah bus single untuk mengangkut penumpang yang tiba di terminal tersebut. (Rachmi/tri)