Monday, 16 July 2018

Ini Dia Tempat Rekreasi Tidak Membuat ‘Kantong Jebol’

Rabu, 20 Juni 2018 — 6:41 WIB
Salah satu sarana perahu bebk bebekan yang disedikan di Setu Cilodong, Kota Depok. (anton)

Salah satu sarana perahu bebk bebekan yang disedikan di Setu Cilodong, Kota Depok. (anton)

DEPOK – Salah satu tempat rekreasi yang tidak membuat kantong ‘jebol’ adalah tempat bermain di pinggiran Setu Cilodong dan Setu Pengasinan, Kota Depok. Selain lokasinya masih asri penuh dengan pepohonan yang rindang juga dilengkapi sarana bermain perahu bebek bebekan untuk bersantai serta memancing.

“Suasanya masih asri dan teduh jadi nyaman untuk bersantai dan rekreasi mengisi hari libur setelah Lebaran . Apalagi sekarang sudah dilengkapi dengan perahu bebek bebekan di setu tersebut,” kata Iwan, warga Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok, Selasa (19/6).

Berlibur sambil bersantai seperti memancing maupun tidur-tiduran di bawah pohon beralasan tikar tentunya sama saja dengan datang ke tempat rekreasi alam lainnya hanya bedanya lokasi alam lainnya perlu waktu tempuh lumayan jauh seperti di Ragunan, Kebun Raya Bogor dan Puncak.

Ke pinggir Setu Cilodong maupun Setu Pengasinan tidak begitu jauh beda. Bahkan tidak bakal membuat isi kantong ‘jebol’ alias mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

“Naik perahu bebek bebekan juga disukai anak-anak dan tarifnya sangat murah Rp 10 ribu/anak,” tuturnya yang mengaku mengisi hari libur Lebaran sebelum masuk kerja.

Hal serupa juga dikatakan Ny. Tuti, warga Sawangan, yang datang bersantai ke Setu Pengasinan, Sawangan bersama tiga anak dan suaminya untuk mengisi libur Lebaran setelah lelah dalam perjalanan dua hari lalu dari kampung halaman di kawasan Lampung.

“Mau ke Kebun Binatang Ragunan dan Kebun Raya Bogor takut padat pengunjung jadi mencari tempat santai ke Setu Pengasinan,” ujarnya yang mengaku anak-anak bisa bemain perahu bebek bebekan dan sang suami memancing.

Untuk rekreasi ke Ragunan atau Bogor bisa dilakukan setelah beberapa minggu Lebaran saja biar tidak terlalu padat atau rame pengunjung.

Selain tidak dikenakan tarif masuk juga bisa membawa makanan dari rumah, imbuhnya kalaupun membayar paling untuk rekreasi bebek bebekan dan parkir kendaraan di areal parkir yang telah disediakan warga sekitar. “Yang jelas ngak bakalan banyak mengeluarkan biaya kalau hanya santai sejenak di pinggir setu ini,” katanya. (anton/b)