Wednesday, 21 November 2018

Masyarakat Puas, Jokowi Menang di Sejumlah Daerah ini

Rabu, 20 Juni 2018 — 20:55 WIB
M Qodari, Direktur Eksekutif Indo Barometer. (cw2)

M Qodari, Direktur Eksekutif Indo Barometer. (cw2)

JAKARTA –Direktur Indo Barometer M Qodari menyebutkan tingkat kepuasan kerja Presiden Joko Widodo mengubah konstelasi politik terkait dinamika pilpres. Hal ini membuktikan dengan peningkatan elektabilitasnya dalam beberapa kali survei.

Meskipun begitu, kata Godari,  Prabowo tetap berpeluang kembali menjadi pesaing Joko Widodo di Pilpres 2019. “Karena dia punya partai dan popularitas di masyarakat, walaupun belum mendapat dukungan partai lain,” paparnya dalam pemaparan hasil surveinya di beberapa wilayah, Rabu (20/6).

Qodari memaparkan hasil survei di beberapa daerah seperti di Jawa Barat. Di daerah ini Jokowi berhasil meraih elektabilitas sebesar 33,6 persen. Sedangkan Prabowo mendapat 22,8 persen.

“Untuk wilayah Jawa Tengah, elektabilitas Jokowi unggul bahkan jauh melampaui elektabilitas Prabowo yakni sebesar 71 persen. Sedangkan Prabowo hanya 11,6 persen,” kata Qodari lagi.

Survei di Sumatera Utara, hasilnya elektabilitas Jokowi 53,9 persen sedangkan Prabowo hanya 16,5 persen. Sementara di Sulawesi Selatan, lagi-lagi Jokowi unggul dengan raihan elektabiltas sebesar 26,1 persen dan Prabowo hanya 18,0 persen.

“Tapi di wilayah ini masih banyak masyarakat yang belum menentukan pilihan, jumlahnya mencapai angka  51,8 persen,” ujarnya.

Soal banyaknya masyarakat belum menentukan pilihan, menurut Qodari,  karena masih ada sosok Jusuf Kalla yang sangat menetukan pilihan capres masyarakat Sulwesi Selatan. “Harapannya Pak JK bisa menjadi wapres kembali masih terbuka, sehingga masyarakat tetap masih  menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi,” kata Qodari.(us)