Wednesday, 26 September 2018

Saatnya Jasa Laundry Panen Rejeki

Rabu, 20 Juni 2018 — 5:45 WIB
Idris, pemilik laundry di Utan Panjang

Idris, pemilik laundry di Utan Panjang

JAKARTA -Menjelang libur Lebaran usai, jasa laundry ‘panen’ cucian. Banyak warga yang mencucikan pakaiannya karena asisten rumah tangga masih mudik dan males mencuci sendiri.

Idris, pemilik laundry di Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus) mengaku menjelang dan sesudah Lebaran omset cuciannya melonjak dibanding hari biasa.

“Alhamdulillah, warga yang melaundry pakaiannya meningkat,” kata Idris, Selasa (19/6) saat ditemui di tempat laundrynya dekat Kelurahan Utan Panjang.

Dijelaskannya, saat hari biasa atau normal rata-rata melaundry 70 kilogram pakaian. Namun saat menjelang dan sesudah Lebaran meningkat menjadi 100 kilogram lebih.

“Kalau saat jelang Lebaran warga melaundry pakaian secara kilat dan express, karena mau buat mudik dan dipakai Lebaran. Namun sesudah Lebaran, melaundry secara normal yaitu dua hari selesai,” jelas Idris.

Tarif laundrynya bervariasi, mulai dari yang normal dua hari selesai harganya Rp 6.500/kg, kilat sehari selesai Rp 9.000 ribu/kg, express 4 jam selesai Rp 12.000/kg. Selain itu juga menyediakan jasa hanya setrika Rp 5.000/kg.

Warga melaundry pakaiannya karena asisten rumah tangganya mudik Lebaran ke kampung halaman. Sehingga males mencuci sendiri. Namun ada juga yang kecapean habis pulang kampung.

Reni, warga Utan Panjang mengaku males mencuci pakaian sendiri karena kecapean habis pulang mudik. “Cucian numpuk. Mau cuci sendiri capek. Ini baru pulang sampe dari mudik,” ucapnya yang mengaku habis pulang dari Tegal. (Tarta/b)