Saturday, 22 September 2018

Trotoar Jalan MH Thamrin Dilengkapi Area Seni Budaya

Rabu, 20 Juni 2018 — 0:24 WIB
Jalan Thamrin pada  malam Tahun Baru 2017 tampak lengang. (joko)

Jalan Thamrin pada malam Tahun Baru 2017 tampak lengang. (joko)

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta segera menuntaskan pekerjaan pembangunan trotoar di kawasan Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Trotoar sepanjang 6,6 Km tersebut dilengkapi area untuk seni budaya (spot budaya) dan pendidikan (spot edukasi).

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faizal mengatakan terdapat empat spot budaya dan edukasi. Masing-masing spot budaya itu tersebar di depan gedung Panin. Untuk spot edukasi pada beberapa bagian trotoar dibuat di bawah jembatan Semanggi, di depan BNI 46 dan di depan gedung Landmark. “Jadi konsep trotoar yang akan kita tata ini tidak hanya sekadar untuk berjalan kaki. Tapi ada ruang-ruang ekspresi,” ujarnya, kemarin.

Untuk sarana edukasi, pada area disiapkan lantai kaca di muka trotoar. Lantai kaca transparan tersebut disediakan agar warga bisa melihat langsung jaringan infrastruktur bawah trotoar. “Itu kita namakan spot edukasi. Di bawah itu kan ada jaringan utilitas dan pipa-pipa. Itu akan kita buat kaca transparan agar warga bisa teredukasi mengenai trotoar,” tandasnya.

Sementara itu, DPRD DKI Jakarta meminta agar pekerjaan di beberapa bagian segera dituntaskan untuk mengejar waktu pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta pada Agustus mendatang. “Jalan MH Thamrin-Sudirman itu kan jalan utama dan akan jadi sorotan. Sarananya harus bagus dan dibuat cantik saat Asian Games,” tandas Pandapotan Sinaga, Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta.(john/ruh)