Sunday, 18 November 2018

Dalam Dua Jam, Terminal Kalideres Diserbu 6.421 Penumpang Mudik

Kamis, 21 Juni 2018 — 10:40 WIB
Suasasana arus balik di Terminal Kalideres.(rachmi)

Suasasana arus balik di Terminal Kalideres.(rachmi)

JAKARTA –  Dalam dua jam, 6.421 penumpang mudik dari berbagai kota menyerbur Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (21/6/2018). Hari pertama masuk kerja PNS usai libur lebaran dimanfaatkan sebagian penumpang untuk pulang dinihari.

“Mumpung masih pagi hari. Saya bisa langsung ke kantor. Anak istri pulang naik taksi ke rumah,” kata Syamsul Bahri, PNS di Pemko Jakarta Barat usai pulang mudik dari Klaten, Jawa Tengah.

Sementara sebagian penumpang lainnya yang juga berstatus PNS khawatir telat ngantor, terlebih bakal ada sidak.

“Kantor saya di daerah Cengkareng. Saya sudah bawa baju dinas dan tinggal ganti di kantor. Biasanya hari pertama kan cuma salam-salaman belum full kerja,” timpal Mahmudin, yang bersama keluarga baru tiba dari Yogyakarta, Jawa Tengah.

Pantauan di lokasi, para penumpang yang baru tiba terlihat lelah. Sebagian penumpang mencari kantin untuk makan dan minum sekedarnya. Beberapa ibu yang membawa bayi mencari ruang menyusui (Ruang Laktasi) yang tersedia di terminal tersebut.

“Anak saya rewel banget nih, saya mau ke ruang laktasi untuk nyusuin anak saya sekalian bisa istirahat sejenak,” kata Murdaningrum, warga Kalideres sesuai pulkam bersama keluarga dari Magelang, Jawa Tengah.

Kepala Satuan Pelaksana Terminal AKAP Kalideres, Revi Zulkarnaen menjelaskan puncak arus balik sesuai prediksi yakni Kamis (21/6/2018) hingga pukul:07.00 mencapai 6.421 penumpang dengan 211 bus, mayoritas dari berbagai kota di Pulau Jawa dan sisanya dari Sumatera.

“Sejak Minggu (17/6/2018) hingga hari ini (Kamis, 21/6/2018) arus balik di Terminal Kalideres berkisar 23.000 penumpang yang tiba dengan 1.185 bus. Puncak arus balik hari ini diprediksi bisa mencapai 9.000 penumpang,” pungkasnya. (Rachmi/tri)