Monday, 19 November 2018

Penumpang Arus Balik di Depok Tak Sebanding Jumlah Bus yang Masuk Terminal

Kamis, 21 Juni 2018 — 16:28 WIB
Sejumlah warga Kota Depok yang baru turun dari bus usai berlebaran di kampung halaman. (anton)

Sejumlah warga Kota Depok yang baru turun dari bus usai berlebaran di kampung halaman. (anton)

DEPOK – Memasuki H + 5 arus balik pemudik lebaran di Terminal Bus Depok, menurun kepadatannya. Pemudik yang baru pulang dari kampung halaman hanya beberapa orang saja yang turun dari bus antar kota yang tiba di terminal tersebut.

“Jumlah penumpang yang tercatat di terminal Depok dari kampung halaman hanya sekitar 150 orang dan jumlahnya kemungkinan semakin menurun terlebih hari ini merupakan hari pertama masuk kerja bagi pegawai negeri sipil (PNS),” kata Kepala Terminal Bis Depok Reynold J, Kamis (21/6).

Sejak Rabu malam (20/6) calon penumpang memang jauh berkurang atau menurun bahkan dalam data yang ada jumlah penumpang yang turun di Depok, Rabu malam hanya sekitar 229, orang penumpang dari 40 bus yang masuk atau datang. Sekarang malah lebih menurun lagi dibandingkan sebelumnya.

Menurut dia, untuk jumlah bus yang masuk atau tiba di terminal bus Depok saat H + 3 dua hari lalu mencapai 63 unit bus dengan jumlah penumpang sekitar 432 orang. “Jumlah itu memang jika dilihat dari jumlah bus tidak sebanding karena kebanyakan calon penumpang turun sebelum bus masuk ke terminal,” tuturnya.

Calon penumpang asal Depok yang dari kampung halaman berlebaran setelah bus keluar dari pintu tol Cijago Cimanggis kebanyakan turun di pinggir jalan karena lokasi rumah mereka lebih dekat dibandingkan harus ke terminal terlebih.

Dia  mengaku adanya sistem satu arah beberapa hari lalu di jalan tol diduga juga menjadi salah satu penurunan jumlah calon penumpang arus balik di terminal bus Depok. (anton/win)