Thursday, 22 August 2019

Upah Kirim Sabu Saat Lebaran Rp300 Juta, 4 Kurir Ditangkap

Jumat, 22 Juni 2018 — 18:36 WIB
Kepala BNN Komjen Heru Winarko saat merilis hasil tangkapannya. (Ifand)

Kepala BNN Komjen Heru Winarko saat merilis hasil tangkapannya. (Ifand)

JAKARTA – Badan Narkotika Nasional (BNN) menggagalkan penyelundupan sabu dari Medan ke Jakarta di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Pelaku diduga memanfaatkan momen mudik lebaran untuk membawa masuk 10 kilogram sabu ke wilayah Jakarta.

Empat pelaku yang ditangkap AL, 36, AB, 46, MU,41, dan KS, 36. Mereka adalah kurir yang membawa sabu, sedangkan otak penyelundupan masih diburu. Kepala BNN, Komjen Heru Winarko mengatakan, sindikat ini memanfaatkan moment mudik lebaran dengan menyelundupkan 10 kg sabu melalui jalur laut.

Menurut Heru, dari pengakuan AL, barang tersebut didapatnya dari seorang pria berinisial LB (DPO) di Kota Medan. “Awalnya si kurir yang kami tangkap pertama kali, saat membawa sabu seberat 10 kilogram,” ujar Heru, Jumat (22/6).

AL juga mengaku, dari Palembang ia melanjutkan perjalanan menggunakan kapal kayu menuju Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara. Setibanya di Dermaga, AL membawa barang untuk diserahkan kepada AB, MU dan KS. “Saat akan menyerahkan barang bukti itu, tiga pelaku lain langsung kami sergap,” tuturnya.

Upah yang diterima salah satu kurir untuk sekali antar Rp300 juta. “Kalau AL hitungannya perkilogram dia dapat Rp30 juta, sementara tiga lainnya hanya dapat Rp50 juta,” terang Heru lagi. (Ifand/us)