Friday, 19 October 2018

2.500 Personel Gabungan TNI & Polri Siap Amankan Asian Para Games 2018

Sabtu, 23 Juni 2018 — 13:56 WIB
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono (ikbal)

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono (ikbal)

JAKARTA – Indonesia akan menjadi tuan rumah gelaran Asian Para Games 2018. Guna mensukseskan event olahraga bagi para penyandang disabilitas se Asia itu, kepolisian menyiapkan pengamanan sepanjang turnamen yang akan digelar di Jakarta dari 6 Oktober hingga 13 Oktober 2018 itu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan pengamanan pelaksanaan Asian Para Games 2018 dilakukan oleh personel gabungan TNI dan Polri.

“Ada 2.500 personel yang kita turunkan untuk pengamanan Asian Para Games ini. Dari TNI Polri,” katanya di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/6/2018).

Argo berharap warga Jakarta dapat memanfaatkan perhelatan Asian Para Games sebagai ajang promosi Indonesia, khususnya Jakarta sebagai kota tujuan wisata yang aman dan menyenangkan. Keberhasilan penyelenggaraan dan keamanan yang berjalan baik menurutnya juga dapat mengundang investor datang ke ibukota.

“Nanti diharapkan masyarakat bisa menerima ini dan menjadi tuan rumah yang baik. Jadi contoh yang baik, nanti luar negeri melihat, Indoneaia aman, lancar dan banyak investasi ke Indonesia,” terang Argo.

Lebih lanjut, terkait dengan lalu lintas selama penyelenggaraan, polisi akan melakukan pengaturan arus lalu lintas secara situasional. Artinya, kata Argo, rekayasa dilakukan sesuai kebutuhan nantinya saat pelaksanan.

“Pengaturan lalin itu situasional saja kalau Para Games ya. Beda dengan penyelenggraan Asian Games,” pungkasnya.

Asian Para Games 2018 diselenggarakan Indonesia  Asian Para Games Organising Committee (INAPGOC). Diperkirakan lebih dari 4000 atlet dari 43 negara akan mengikuti event tersebut. (ikbal/tri)